Depan > Pemerintahan > Kapolres Probolinggo Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak

Kapolres Probolinggo Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Kapolres Probolinggo AKBP Arsya Teuku Khadafi bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo dan perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo memimpin apel pergeseran pasukan gabungan dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 di Kabupaten Probolinggo, Rabu (16/2/2022).

Turut mendampingi Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Arh Arip Budi Cahyono, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo David P Duarsa, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan Agus Akhyudi serta Kepala Satpol PP Kabupaten Probolinggo Achmad Aruman.

Apel pergeseran pasukan yang dilaksanakan di Stadion Gelora Merdeka Kraksaan ini diikuti oleh ribuan pasukan gabungan TNI-Polri dan Satpol PP yang akan dikerahkan untuk melakukan pengamanan dalam Pilkades serentak di 219 desa yang ada di wilayah hukum Polres Probolinggo.

Ribuan pasukan gabungan tersebut terdiri dari Satuan Brimob Polda Jawa Timur, Satuan Dalmas Polda Jawa Timur, Polres Jajaran Polda Jawa Timur, Kodim 0820 Probolinggo dan Satpol PP Kabupaten Probolinggo.

Kapolres Probolinggo AKBP Arsya Teuku Khadafi mengatakan untuk wilayah hukum Polres Probolinggo total ada 1.594 pasukan dalam pengamanan Pilkades serentak tahun 2022 di Kabupaten Probolinggo. Terdiri dari anggota Polres Probolinggo, 20 Polres jajaran di tingkat Polda Jatim, Satuan Brimob dan Dalmas Polda Jatim.

“Mereka semua kami kerahkan ke tiap TPS (Tempat Pemungutan Suara) di tiap lokasi Pilkades serentak. Bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa diantisipasi dan dilakukan penegakan hukum,” katanya.

Kapolres mengaku telah menyiapkan pasukan untuk daerah yang dimungkinkan rawan guna menjaga situasi dan kondusifitas Kabupaten Probolinggo. Harapannya Pilkades serentak ini bisa berjalan lancar dan aman nantinya. “Protokol kesehatan juga akan ditegakkan. Kami tidak ingin pilkades ini menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Tetap harus waspada,” tegasnya.

Sementara Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf Arip Budi Cahyono mengaku mengerahkan pasukan TNI sebanyak 650 personel. “Kami siapkan pasukan untuk membantu Polres Probolinggo dalam melakukan pengamanan, khususnya di wilayah rawan,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo untuk menjaga kondusifitas saat pelaksanaan Pilkades serantak pada tanggal 17 Pebruari 2022.

“Menang atau kalah itu merupakan sebuah hal yang biasa dalam Pilkades. Tetapi yang menang sesungguhnya adalah rakyat. Mari kita menyikapi ini secara dewasa. Jaga terus keamanan dan tetap terapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (wan)