Friday, May 24, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Kak Tutug Lepas 10 Personel Untuk Bakti Pramuka Peduli Semeru

Kak Tutug Lepas 10 Personel Untuk Bakti Pramuka Peduli Semeru

Reporter : Mujiono
DRINGU – Dalam rangka Bakti Pramuka Peduli Semeru, personel Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo mengikuti kegiatan pembangunan rumah hunian sementara, Jum’at hingga Kamis (4-10/2/2022) di lokasi yang terdampak erupsi Gunung Semeru di Desa Sumber Mujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang.

Gerakan Pramuka Kwarcab Probolinggo dengan 10 orang personel terdiri dari 1 (satu) orang pimpinan kontingen, 2 (dua) orang tukang/tenaga ahli bangunan dan 7 (tujuh) orang tenaga pelaksana ikut tahap pertama pada kegiatan Bakti Pramuka Peduli Semeru untuk membangun hunian sementara (Huntara) sesuai tindaklanjut Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur dalam rangka Bakti Pramuka Peduli Semeru.

Personel Kwarcab Probolinggo bersatu dengan para anggota Pramuka lainnya yang ada di Jawa Timur yang terencana menyelesaikan 18 rumah Huntara untuk tempat tinggal warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Dan setiap 1 (satu) Huntara dibangun oleh 1 (satu) kontingen cabang.

Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur berencana akan melaksanakan pembangunan rumah hunian sementara sebanyak 50 rumah secara bertahap. Sedangkan tahap pertama yang diikuti 18 Kwarcab akan mendirikan bangunan sementara sebanyak 18 rumah.

Proses pembuatan bangunan ditargetkan selesai 18 rumah hunian pada tahap pertama selama 7 (tujuh) hari yang dimulai pada tanggal 4 Februari hingga hingga 10 Pebruari 2022. Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo telah menyediakan segala peralatan dan bahan-bahan untuk pembuatan rumah hunian beberapa hari yang lalu.

Sebanyak 10 orang personel yang siap melaksanakan aksinya membantu meringankan penderitaan masyarakat Desa Sumber Mujur berupa pembuatan rumah hunian sementara pada momentum Bakti Pramuka Peduli Semeru ini dilepas secara resmi oleh Wakil Ketua Bidang Sarana Prasarana dan Keuangan Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Tutug Edi Utomo, Jum’at (4/2/2022) di halaman Kantor Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua Bidang Sarana Prasarana dan Keuangan Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Tutug Edi Utomo menyampaikan bahwa kegiatan Bakti Pramuka Peduli Semeru Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo
ini merupakan sebuah inspirasi untuk memenuhi kebutuhan warga yang telah terdampak erupsi Gunung Semeru agar nantinya memiliki tempat tinggal sementara dan dapat meringankan penderitaannya.

“Semoga para personel Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo selama menjalankan tugasnya diberikan kelancaran dan kemudahan dari awal hingga selesainya kegiatan Bakti Pramuka Peduli Semeru. Tentunya rumah hunian nantinya mampu memenuhi kebutuhan para warga yang terdampak erupsi,” ungkapnya.

Sementara Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak H Sudjono menambahkan dalam kegiatan Bakti Pramuka Peduli Semeru, Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo telah mendaftarkan kepada Kwarda Jatim dan masuk pada tahap pertama.

“Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo dengan 10 orang personel yang handal dan siap melaksanakan tugas pembuatan rumah hunian sementara untuk warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Segala peralatan dan bahan bangunan yang dibutuhkan telah disiapkan dan tinggal pelaksanaannya,” katanya. (y0n)