Monday, March 4, 2024
Depan > Pemerintahan > 19 Pejabat Eselon II Dimutasi

19 Pejabat Eselon II Dimutasi

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebanyak 19 orang pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Probolinggo Drs. H.A. Timbul Prihanjoko di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo, Sabtu (9/9/2023).

Pelantikan dan pengambilan sumpah ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Hadir pula Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Probolinggo Rita Erik Ugas Irwanto beserta segenap pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo dan DWP Kabupaten Probolinggo.

Penandatanganan berita acara pelantikan mewakili agama Islam secara simbolis oleh Asisten Administrasi Umum Tutug Edi Utomo dan mewakili agama Kristen oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Probolinggo Yulius Christian didampingi saksi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ahmad Hasyim Ashari dan Kepala Dinas Kesehatan dr. Shodiq Tjahjono.

Sementara penandatanganan Pakta Integritas secara simbolis diwakili oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Heri Sulistyanto. Sedangkan serah terima jabatan (sertijab) diwakili oleh Dewi Korina kepada Kristiana Ruliani sebagai Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Probolinggo.

Bupati Timbul Prihanjoko menyampaikan tujuan utama pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) ini adalah untuk peningkatan kinerja Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Artinya dengan pelantikan ini, kinerja Pemkab Probolinggo harus meningkat, karena esensi pelantikan bukan hanya pergantian orang, tetapi lebih pada peningkatan kualitas kerja.

“Saya minta seluruh pejabat yang dilantik ini bisa berkinerja baik untuk memberikan dampak besar terhadap peningkatan kinerja Perangkat Daerah yang dapat berakumulasi pada peningkatan kinerja Pemerintah Kabupaten Probolinggo serta peningkatan kualitas pelayanan publik,” katanya.

Lebih lanjut Bupati Timbul berharap segera membangun kerja tim (team work) dan dalam pelaksanaan pekerjaan agar berpedoman pada aturan perundang-undangan yang berlaku. “Saudara harus bisa membantu mempercepat realisasi program kerja dan secara signifikan bisa meningkatkan kinerja unit kerja, meningkatkan produktivitas kerja serta mendorong adanya inovasi kerja,” jelasnya.

Menurut Bupati Timbul, dalam melaksanakan pekerjaan harus menerapkan kerja yang produktif, efektif dan efisien, mampu menghadirkan peningkatan kinerja serta harus adaptif dengan pemanfaatan teknologi.

“Pemanfaatan teknologi ini tidak terelakkan, dimana kita hidup pada masa teknologi canggih, era digital, maka adaptasi dalam penggunaan teknologi merupakan keniscayaan,” tegasnya.

Ke-19 pejabat eselon II yang dimutasi diantaranya Tutug Edi Utomo sebagai Asisten Administras Umum, Agus Mukson sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Dewi Korina sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kristiana Ruliani sebagai Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah dan Heri Sulistyanto sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Selanjutnya, Santiyono sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesra, Taufik Alami sebagai Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian, dr. Mansur sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Edy Suryanto sebagai Kepala Dinas Perhubungan, Fathur Rozi sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Kemudian, Doddy Nur Baskoro sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Dwijoko Nurjayadi sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, M. Sjaiful Efendi sebagai Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, R Oemar Sjarief sebagai Kepala Pelaksana BPBD dan Achmad Aruman sebagai Kepala Dinas Perikanan.

Serta, dr Anang Budi Joelijanto sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja, Sugeng Wiyanto sebagai Kepala Satpol PP, Yulius Christian sebagai Sekretaris DPRD dan Hudan Syarifuddin sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. (wan)