Monday, September 20, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Warga Desa Sukodadi Positif COVID-19

Warga Desa Sukodadi Positif COVID-19

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Jumlah orang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo hingga Rabu (27/5/2020) malam kembali bertambah. Hal ini menyusul adanya seorang warga Desa Sukodadi Kecamatan Paiton berjenis kelamin perempuan usia 73 tahun positif terinfeksi COVID-19.

“Yang bersangkutan merupakan pedagang yang sehari-harinya beraktifitas di Pasar Paiton dan masuk dalam klaster baru dalam hal ini Klaster Pasar. Sehingga sumber penularannya masih belum diketahui karena masuk dalam klaster baru,” kata Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto.

Menurut Anang, perempuan ini merupakan hasil dari rapid test masif yang dilakukan kepada para pedagang yang ada di pasar besar di Kabupaten Probolinggo. Saat dilakukan rapid test, yang bersangkutan reaktif. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan swab dengan menggunakan TCM (Tes Cepat Molekuler) dengan metode PCR (Polymerase Chain Reaction) di RSUD Waluyo Jati Kraksaan dan hasilnya positif terkonfirmasi COVID-19.

“Alhamdulillah, kondisinya sehat dan saat ini yang bersangkutan sudah dilakukan isolasi mandiri di rumah pengawasan Kabupaten Probolinggo dengan pengawasan ketat dari petugas medis Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Anang menerangkan, yang bersangkutan sudah berada di rumah pengawasan dan seharusnya sudah ditracking dari awal, tetapi pihaknya akan tetap memperdalam untuk memastikan bahwa tidak ada lagi yang tersisa.

“Tracking awal kita lakukan setelah mereka dinyatakan reaktif dari hasil pemeriksaan rapid test masif terhadap para pedagang pasar besar di Kabupaten Probolinggo. Yang dekat-dekat sudah dirapid test dan yang kontak erat akan dilakukan swab. Kita akan evaluasi lagi kalau perlu kita tracking lagi. Nanti akan dievaluasi lagi, paling tidak setelah 7-10 hari akan diswab lagi, swab 1 dan 2. Jika dua kali swab hasilnya negatif maka dia akan kita pulangkan,” pungkasnya. (wan)