Friday, February 23, 2024
Depan > Pemerintahan > Wabup Timbul Terima Kunjungan Kepala Balurjaltim dan Danlanal Banyuwangi

Wabup Timbul Terima Kunjungan Kepala Balurjaltim dan Danlanal Banyuwangi

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menerima kunjungan kerja Kepala Badan Penyalur Tenaga Kerja Angkalan Laut Wilayah Timur (Balurjaltim) Kolonel Marinir Teguh Widodo dan Komandan Lanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori di Guest House Kraksaan, Jum’at (9/12/2022) siang.

Kedatangan Kepala Balurjaltim dan Danlanal Banyuwangi ini didampingi oleh kurang lebih 10 prajurit terdiri dari Kapten Laut (S) I Putu Ratmaya (Pasintel), Kapten Laut (PM) Sutejo (Dandenpomal), Kapten Laut (KH) Riyanto (Paspotmar), Lettu Laut (P) Meiyanto (Pjs Pasops), Letda Laut (S) Herdin (Danposal Paiton) serta anggota Posal Paiton dan Posal Mayangan.

Turut mendampingi Wabup Timbul, Inspektur Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Probolinggo Santiyono serta Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Probolinggo Dewi Korina.

Kepala Balurjaltim Kolonel Marinir Teguh Widodo menyampaikan tujuannya melakukan kunjungannya ke Kabupaten Probolinggo untuk silaturahim dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo terkait dengan satker dari Balurjaltim yang ada di wilayah Kabupaten Probolinggo.

“Perlu saya laporkan kepada Bapak Wakil Bupati Probolinggo terkait dengan satker yang ada disini. Misalnya nanti bisa diajak untuk bekerja sama dalam kegiatan pemberdayaan prajurit dalam menyiapkan purna tugas dengan pembekalan ketrampilan baik pertanian maupun perikanan serta ketrampilan lainnya yang bisa membuat kemandirian kepada prajurit tersebut untuk bekal di masa pensiun,” ungkapnya.

Widodo mengharapkan TNI dengan Pemerintah Kabupaten Probolinggo ada sinergias untuk bekerja sama dalam pelatihan baik kegiatan UMKM maupun kegiatan pembinaan potensi wilayah. “Kita juga akan menjaga stabilitas ketahanan pangan nasional yang sekarang ini baru dicanangkan oleh Bapak Presiden untuk kita selalu memperkuat ketahanan pangan melalui sektor-sektor pertanian dan lain sebagainya,” terangnya.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan terima kasih dengan adanya program dari Balurjaltim tersebut. Kalau itu memang berkelanjutan tentunya juga membantu di masyarakat sekitar dan pemberdayaan pada para pensiunan TNI/Polri. Dimana tentunya setelah pensiun kembali kepada masyarakat.

“Kami dari Pemerintah Daerah kalau memang ada yang perlu kita bantu, maka akan kita bantu dan dikerjasamakan dalam rangka pemberdayaan. Karena pada prinsipnya, kalau itu menjadi masyarakat Desa Tamansari, maka akan juga menjadi masyarakat Kabupaten Probolinggo. Kita akan sedapat mungkin dan sebisa mungkin untuk bersama-sama untuk pemberdayaannya,” katanya.

Sedangkan Komandan Lanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori mengungkapkan pihaknya melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Probolinggo karena wilayah kerjanya. Memang atas namanya Lanal Banyuwangi, tetapi wilayah kerja mulai dari Probolinggo, Situbondo, Banyuwangi dan Jember. Wilayah Probolinggo sendiri ada 2 pos yaitu Posal Paiton dan Posal Mayangan.

“Kami merasa bagian dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Mudah-mudahan ke depannya tetap terjalin sinergitas. Kami selaku pemangku atau pengaman wilayah laut di wilayah Probolinggo bisa menjadi bagian dari institusi Pemerintah Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)