Depan > Pemerintahan > Bromo Podcast KPU Kabupaten Probolinggo Diresmikan

Bromo Podcast KPU Kabupaten Probolinggo Diresmikan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka menyongsong Pemilihan Umum Legislatif (Pileg), Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) serta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo membentuk Bromo Podcast.

Keberadaan Bromo Podcast ini dilaunching secara resmi dengan pemotongan pita bersama-sama, Jum’at (22/10/2021) sore di Kantor KPU Kabupaten Probolinggo.

Peresmian ini dihadiri oleh Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo, Komisioner KPU RI Arif Budiman, Ketua KPU Jawa Timur Choirul Anam, Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim dan Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo Fathul Qorib.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim menyampaikan di tengah masa pandemi Covid-19, KPU Kabupaten Probolinggo terus berikhtiar untuk dapat menjalankan kegiatan sosialisasi dan edukasi Pemilu kepada masyarakat.

“Dengan dilaunchingnya Bromo Podcast ini tentunya dapat menjadi salah satu alternatif inovasi yang ditempuh untuk merancang konten-konten podcast bertemakan Pemilu kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara Plt. Bupati Probolinggo Drs. HA Timbul Prihanjoko menyampaikan ucapan selamat atas dilaunchingnya Bromo Podcast KPU Kabupaten Probolinggo yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi seputar Pemilu.

“Dengan beragamnya media komunikasi saat ini, semoga dengan hadirnya Bromo Podcast diharapkan dapat menjadi media informasi, komunikasi sekaligus edukasi tentang pemilu dan cara berdemokrasi yang baik kepada masyarakat,” katanya.

Menurut Plt Bupati Timbul, belakangan ini podcast menjadi salah satu media penyampaian informasi berbasis audio yang paling diminati. Fungsi podcast bagi lembaga pemerintahan dalam hal ini KPU memberikan informasi, edukasi ataupun hiburan.

“Podcast bisa dimanfaatkan KPU sebagai media sosialisasi seputar pemilu dan pemilihan umum dengan harapan KPU Kabupaten Probolinggo bisa memberikan kontribusi positif bagi kemajuan iklim demokrasi yang berkualitas, inklusif dan partisipatif,” tegasnya.

Sedangkan Komisioner KPU RI Arif Budiman mengungkapkan dengan keberadaan podcast KPU Kabupaten Probolinggo ini mampu menjadi sarana media sosialisasi dan media komunikasi untuk banyak pihak.

“Satu sisi tentu saya senang karena munculnya podcast itu berarti mengantisipasi perkembangan zaman. Handphone terkoneksi internet kita bisa mendapatkan informasi, mencari informasi bisa dimana saja salah satunya lewat podcast. Semoga bisa terus menginisiasi inovasi-inovasi semacam ini untuk menyampaikan informasi dan edukasi bagi masyarakat,” ungkapnya. (wan)