Saturday, April 13, 2024
Depan > Pemerintahan > Wabup Timbul Sambang Tretan dengan Kades dan Perangkat Desa se-Kecamatan Sumberasih dan Tongas

Wabup Timbul Sambang Tretan dengan Kades dan Perangkat Desa se-Kecamatan Sumberasih dan Tongas

Reporter : Mujiono
SUMBERASIH – Untuk meningkatkan pelayanan dan kapasitas pemerintahan, Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi sejumlah pejabat di lingkunga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melakukan sambang tretan dengan kepala desa (kades) dan perangkat desa se-Kecamatan Sumberasih dan Tongas di Pendopo Kecamatan Sumberasih, Selasa (13/12/2022).

Kehadiran para kepala desa dan perangkat desa ini didampingi oleh Camat Sumberasih Mudjito dan Camat Tongas Rochmad Widiarto.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Timbul didampingi Kepala Dinas Pengerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Hengki Cahjo Saputra dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Edy Suryanto.

Kegiatan ini diawali dengan peninjauan produk UKM Kecamatan Sumberasih. Dilanjutkan dengan penyerahan santunan kepada anak yatim dan penyerahan santunan JKM dan Beasiswa BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp 117.000.000 untuk ahli waris Sutomo seorang perangkat Desa Curah Dringu Kecamatan Dringu.

Serta santunan JKM dan Beasiswa BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris Padeli sebesar Rp 105.000.000 seorang perangkat Desa Sumurmati Kecamatan Sumberasih.

Wakil Bupati (Wabup)Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menjelaskan kegiatan sambang tretan semacam ini sangatlah penting dilakukan. Selain sebagai ajang silaturahmi, juga sebagai wadah untuk pembinaan dan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa. “Kedepannya, aparatur desa dituntut untuk mampu meningkatkan kinerjanya, disiplin, kemampuan manajerial dan profesional,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, generasi muda sekarang ini harus selalu meningkat kemampuan dan SDM-nya agar supaya tidak kalah bersaing dengan negara-negara lain. “Tugas kita adalah menyiapkan segalanya agar generasi muda berpotensi dan berkualitas. Ada satu hal yang harus kita hadapi bersama yaitu kesehatan anak balita atau stunting yang saat ini sudah ditangani dengan penuh oleh TP PKK dan OPD terkait,” jelasnya.

Wabup Timbul menegaskan sebagai aparat Pemerintah Kabupaten Probolinggo, baik Pemerintahan Kecamatan dan Desa terus berikhtiar untuk mengangkat derajat kemiskinan di Kabupaten Probolinggo khususnya di Kecamatan Tongas dan Sumberasih. “Artinya, salah satu kewajiban kita harus berikhtiar menyejahterakan masyarakat,” pungkasnya. (y0n)