Monday, March 4, 2024
Depan > Pemerintahan > Pemkab Probolinggo Gelar Rakor dan Evaluasi Realisasi APBD Tahun 2023

Pemkab Probolinggo Gelar Rakor dan Evaluasi Realisasi APBD Tahun 2023

Reporter : Mujiono
DRINGU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Administrasi Pembangunan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Evaluasi Realisasi APBD Tahun 2023, Kamis (7/9/2023) di ruang Probolinggo Region Invesment Centre (PRIC) Dinas PMPTSP Kabupaten Probolinggo.

Hadir siang itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ahmad Hasyim Ashari, Inspektur Tutug Edi Utomo dan Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Dewi Korina.

Rakor dan evaluasi realisasi APBD ini diikuti oleh para Kepala OPD dan Camat di lingkungan Pemkab Probolinggo, Direktur RSUD Waluyo Jati dan Direktur RSUD Tongas. Para peserta diberikan pengetahuan dan pemahaman untuk mendukung percepatan pembangunan.

Bertindak sebagai narasumber, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Roby Siswanto dengan materi Progres PBJ serta Strategi Percepatannya. Narasumber lainnya adalah Kepala Dinas PUPR Hengki Cahjo Saputra dengan materi Penggunaan E-Katalog Lokal untuk Percepatan Pekerjaan Konstruksi.

Sekda Ugas Irwanto menjelaskan, rapat koordinasi tersebut sangat penting dan bermanfaat, mengingat realisasi APBD merupakan tolak ukur pemerintah untuk mendorong pembangunan di daerah guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Probolinggo.

Sekda Ugas berharap, para Kepala OPD dapat semakin memahami pentingnya realisasi anggaran tepat waktu sesuai rencana anggaran kas, mengindentifikasi dan mengevaluasi program dan kegiatan yang telah dilaksanakan sesuai dengan target kinerja yang telah ditentukan.

“Selain itu, juga untuk mengukur efektivitas proses dan hasil pelaksanaan kinerja serta memberikan umpan balik atas hasil yang belum optimal. Dengan demikian, pelaksanaan kegiatan sesuai waktu dan kinerja yang telah direncanakan,” jelasnya. (y0n)