Depan > Pemerintahan > Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Kabupaten Probolinggo

Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Kabupaten Probolinggo

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Kirab Pataka Provinsi Jawa Timur “Jer Basuki Mawa Beya” dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-77 Provinsi (Harjaprov) Jawa Timur tahun 2022 tiba di Kantor Bupati Probolinggo di Kota Kraksaan, Sabtu (17/9/2022) sekitar pukul 14.30 WIB.

Selain Pataka Jer Basuki Mawa Beya, turut serta pula Bendera Merah Putih, Pataka Satpol PP (Praja Wibawa), Pataka Satuan Linmas, Pataka Satuan Pemadam Kebakaran atau Damkar (Yudha Brama Jaya) dan Bendera Logo Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur.

Pataka Jer Basuki Mawa Beya ini dibawa oleh rombongan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Linmas dan Damkar Kota Probolinggo dari Kantor Wali Kota Probolinggo. Kedatangan Pataka Jer Basuki Mawa Beya ini disambut dengan upacara penerimaan dengan Komandan Upacara Polisi Pamong Praja (Pol PP) Ahli Muda Satpol PP Kabupaten Probolinggo Budi Utomo.

Kegiatan ini diikuti oleh personil Satpol PP, Linmas dan Damkar Kabupaten Probolinggo. Selanjutnya dilakukan serah terima Pataka Jer Basuki Mawa Beya dari Kepala Satpol PP Kota Probolinggo Aman Suryaman kepada Kepala Satpol PP Kabupaten Probolinggo Achmad Aruman.

Pataka Jer Basuki Mawa Beya bersama sejumlah Pataka yang lain bermalam dan disimpan di Kantor Bupati Probolinggo dengan dijaga oleh personil Satpol PP Kabupaten Probolinggo.

Pada Minggu (18/9/2022) sekitar pukul 07.30 WIB, Pataka Jer Basuki Mawa Beya dan sejumlah pataka dan bendera lainnya dikirab menuju ke Kantor Bupati Bondowoso dipimpin oleh Kepala Satpol PP Kabupaten Probolinggo Achmad Arumah dengan menggunakan kendaraan bak terbuka.

Pol PP Ahli Muda Satpol PP Kabupaten Probolinggo Budi Utomo mengatakan penyambutan Pataka Jer Basuki Mawa Beya ini sebagai tanda untuk memperingati Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur tahun 2022.

“Dengan adanya kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya ini nantinya antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan pemerintah kabupaten/kota se-Jawa Timur bisa saling bersinergi di segala bidang dan segala lini. Sebab ke depan, sinergi ini sangat dibutuhkan dalam rangka mendukung proses pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya ini tiba di Kantor Bupati Bondowoso sekitar pukul 12.00 WIB. Selanjutnya dilakukan prosesi serah terima pataka dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo kepada Pemkab Bondowoso.

Seperti diketahui, kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya dan sejumlah pataka lainnya diberangkatkan oleh Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa pada Jum’at (16/9/2022) pagi di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Selanjutnya berurutan menuju ke Kantor Pemerintah Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo, Kabupaten Probolinggo dan 32 kabupaten/kota lainnya di Jawa Timur.

Rangkaian kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya ini akan diselesaikan selama 26 hari hingga Senin (11/10/2022) dan kembali tiba di Gedung Negara Grahadi Surabaya dengan disambut oleh Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa. (wan)