Wednesday, September 29, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Wabup Timbul Buka MTQ ke XXIX Tingkat Kabupaten Probolinggo Tahun 2020

Wabup Timbul Buka MTQ ke XXIX Tingkat Kabupaten Probolinggo Tahun 2020

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko secara resmi membuka kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXIX tingkat Kabupaten Probolinggo tahun 2020, Jum’at (27/11/2020) pagi di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo.

Pembukaan MTQ ini ditandai dengan penekanan tombol sirine dan dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko kepada ketua panitia MTQ tahun 2020 M. Syafi’i Zein.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Probolinggo ini dilaksanakan secara virtual karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 dan diikuti oleh peserta dari 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.

Pembukaan MTQ ke-XXIX ini diawali dengan pembai’atan Dewa Hakim MTQ ke-XXIX tingkat Kabupaten Probolinggo tahun 2020 oleh Ketua LPTQ Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono. MTQ ke-XXIX ini akan dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu (28-29/11/2020).

Hadir dalam pembukaan MTQ tersebut Wakapolres Probolinggo Kompol Agung Setyono, Pabung Kodim 0820 Probolinggo Mayor Inf. Puguh Jatmiko, sejumlah Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta tokoh ulama yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Ketua Dewan Hakim MTQ Kabupaten Probolinggo Didik Abdul Rohim menyampaikan kegiatan ini memperlombakan sebanyak 5 (lima) cabang dan 28 golongan. Yakni Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqoh Hifzdil Qur’an (MHQ), Musabaqoh Sahril Qur’an (MSQ), Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ) dan Musabaqoh Hottil Qur’an (MHQ).

“‘Musabaqah Tilawatil Qur’an ini akan dilaksanakan di Auditorium Madakaripura Lantai 5 Kantor Bupati Probolinggo, ruang Tengger Lantai 4 Kantor Bupati Probolinggo, ruang Jabung 2 lantai 3 Kantor Bupati Probolinggo, depan ruang Kantor Bagian Kesra lantai 1 Kantor Bupati Probolinggo, sekolah MI NU Kraksaan dan Kantor PCNU Kota Kraksaan,” katanya.

Sementara Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menjelaskan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) sebagai sarana dalam meningkatkan dan mengembangkan potensi keilmuan dan kreativitas peserta MTQ yang berkondisi lebih baik dalam hal mencintai dan mengamalkan isi ajaran Al Qur’an. MTQ merupakan sebuah upaya untuk mengaktualisasikan ajaran Al-Qur’an sehingga dapat membawa manfaat dan maslahat bagi umat Islam tentunya.

“Semoga kegiatan MTQ Kabupaten Probolinggo yang berlangsung selama 2 (dua) hari ini dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses. Dengan momentum ini dapat memantapkan komitmen untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai sumber penyemangat, penyaring dan landasan dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat,” harapnya. (y0n)