Sunday, June 20, 2021
Depan > Kesehatan > TP PKK Tinjau Posyandu Anggrek Desa Kedawung

TP PKK Tinjau Posyandu Anggrek Desa Kedawung

Reporter : Wahed Efendi
KURIPAN – Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo melakukan kunjungan dan peninjauan ke Posyandu Anggrek di Dusun Krajan Desa Kedawung Kecamatan Kuripan, Selasa (10/11/2020) pagi.

Peninjauan ke Posyandu Anggrek ini dipimpin oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko didampingi sejumlah pengurus. Kedatangan istri Wakil Bupati Probolinggo ini disambut oleh Camat Kuripan Rochim dan Forkopimka Kuripan, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Kuripan Maini Rochim, Kepala Puskesmas Kuripan serta Pj Kepala Desa Kedawung bersama perangkat.

Begitu tiba di Posyandu Anggrek, Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo memantau kegiatan kader dalam pelayanan posyandu. Serta pemberian PMT balita secara simbolis kepada 7 (tujuh) anak.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Pokja 4 Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Ny. Yayuk Shodiq memberikan penyuluhan kesehatan kepada bayi dan ibu bayi yang hadir terkait dengan upaya preventif pencegahan Covid-19. Dilanjutkan dengam pemberian doorprice bagi ibu bayi yang mampu menjawab pertanyaan atau mampu mendemonstrasikan petunjuk seperti mencuci tangan yang benar.

Camat Kuripan Rochim menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo di Desa Kedawung Kecamatan Kuripan. Harapannya momentum yang bersamaan dengan peringatan Hari Pahlawan ini akan membawa keberkahan bagi masyarakat Kecamatan Kuripan.

“Masyarakat Kecamatan Kuripan sudah terbiasa dengan pola 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan menjaga jarak) karena masyarakat sadar bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati,” ungkapnya.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko menyampaikan Covid-19 merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan infeksi saluran pernafasan atas ringan hingga sedang, seperti penyakit flu. Siapapun dapat terinfeksi virus corona, akan tetapi bayi dan anak kecil serta orang dengan kekebalan tubuh yang lemah akan lebih rentan terhadap serangan virus ini.

Menurut Ny Nunung, pencegahan penularan Covid-19 dapat dilakukan dengan 4 kunci tangkalCovid-19 meliputi iman, imunitas, aman dan Aamiin. Selain itu, pencegahan juga dapat dilakukan melalui Gerakan 3M yang merupakan salah satu cara utama untuk mencegah atau memutus rantai penularan Covid-19. “Gerakan 3M ini dilakukan dengan Memakai Masker, Mencuci tangan memakai air dan sabun serta Menjaga jarak,” pungkasnya. (hed)

cww trust seal