Monday, May 10, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Kurangi Sampah Plastik, Warga Desa Binor Bersih-bersih Pantai Bohay

Kurangi Sampah Plastik, Warga Desa Binor Bersih-bersih Pantai Bohay

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON – Sebanyak 50 orang warga Desa Binor Kecamatan Paiton terdiri dari Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas), Kelompok Nelayan dan Karang Taruna Binor mengikuti kegiatan beach clean up bersih-bersih kawasan Pantai Bohay di Desa Binor Kecamatan Paiton, Selasa dan Rabu (10-11/11/2020).

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo ini dilaksanakan dalam rangka pemulihan ekonomi nasional melalui program padat karya di tengah pandemi Covid-19.

Dalam beach clean up ini, puluhan masyarakat Desa Binor tersebut menyusuri setiap sudut kawasan Pantai Bohay. Sambil membawa kantong plastik besar, mereka memunguti sampah-sampah yang mengotori pesisir pantai yang ada di ujung timur Kabupaten Probolinggo tersebut. Sampah-sampah yang berhasil dikumpulkan banyak didominasi oleh sampah plastik, baik yang berasal dari lingkungan sekitar maupun yang dibawa oleh ombak laut.

Selain melakukan bersih-bersih kawasan Pantai Bohay, mereka juga mengikuti sosialisasi dalam menjaga kebersihan lingkungan pantai untuk mengurangi sampah plastik. Kegiatan ini mengambil tema “Ayo Bebaskan Laut Kita Dari Bahaya Sampah Plastik”.

Dalam kegiatan tersebut diserahkan paket bantuan berupa 24 buah tong sampah, 15 buah keranjang sampah, 15 buah cikrak, 30 buah sapu lidi serta puluhan masker, handsanitizer, kaos tangan, topi serta sabun cuci tangan.

Kepala Bidang Kelautan, Pesisir dan Pengawasan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur Pratiwi Sulistiani mengungkapkan kegiatan beach clean up ini dilakukan untuk bersih-bersih pantai dari sampah. Selain itu, di tengah pandemi Covid-19 ini sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program padat karya.

“Semoga kegiatan ini tidak berhenti sampai disini, tetapi ada keberlanjutan dari masyarakat. Harapannya pantai ini bersih dan selalu dijaga kebersihannya, terutama untuk mengurangi sampah plastik. Mudah-mudahan program ini bisa berkelanjutan, tidak hanya pemerintah tetapi masyarakat juga bisa berpartisipasi,” ungkapnya.

Sementara Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo Hari Pur Sulistiono menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur yang telah membantu masyarakat pesisir di tengah kondisi pandemi Covid-19 melalui program padat karya bersih-bersih pantai di Desa Binor Kecamatan Paiton.

“Selain itu kami memberikan pemahaman dan pengertian supaya masyarakat bisa bersama-sama menjaga kebersihan pantai dan mengurangi limbah sampah plastik. Harapannya kegiatan semacam ini bisa dilanjutkan oleh masyarakat secara swadaya untuk menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi sampah plastik di kawasan pantai,” harapnya. (wan)

cww trust seal