Monday, May 10, 2021
Depan > Kesehatan > Puskesmas Gending Berikan Edukasi Pentingnya Disiplin Protokol Kesehatan

Puskesmas Gending Berikan Edukasi Pentingnya Disiplin Protokol Kesehatan

Reporter : Syamsul Akbar
GENDING – Sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Puskesmas Gending Kecamatan Gending tidak henti-hentinya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya disiplin penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga jaga jarak aman.

Edukasi tentang pentingnya disiplin protokol kesehatan ini dilakukan dengan melakukan siaran keliling ke semua desa yang ada di wilayah Kecamatan Gending secara bergantian. Siaran keliling ini melibatkan petugas Puskesmas Gending bersama relawan, aparat desa, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas serta organisasi kepemudaan karang taruna dan lain sebagainya..

“Siaran keliling tentang edukasi pentingnya protokol kesehatan kepada masyarakat ini dilakukan melalui rekaman maupun siaran secara langsung dari petugas. Intinya kami mengajak masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan untuk bisa mencegah penularan Covid-19,” kata Kepala Puskesmas Gending dr. Syaiful Bahri, Selasa (10/11/2020).

Menurut Syaiful, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengertian kepada masyarakat agar selalu meningkatkan kedisiplinan untuk mematuhi protokol kesehatan melalui 3M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak.

“Diharapkan kegiatan ini mampu memberikan motivasi kepada aparat yang ada di desa sehingga bergerak memberikan pemahaman tentang protokol kesehatan hingga ke tingkat RT/RW di desanya masing-masing,” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan ini Syaiful mengharapkan agar semua pihak yang ada di desa sama-sama bergerak untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan disiplin 3M sehingga tidak selalu tergantung kepada petugas kesehatan.

“Harapan akhirnya masyarakat mematuhi protokol kesehatan dan meningkatkan kedisplinan dalam menerapkan 3M sehingga bisa meminimalisir kasus Covid-19, khususnya di wilayah Kecamatan Gending,” pungkasnya.

Dalam siaran keliling ini petugas memasang sedikitnya 4 (empat) buah banner dengan sasaran lokasi tempat-tempat umum yang biasa dilalui masyarakat mulai dari masjid, pertokoan, pasar, balai desa dan lain sebagainya. Selain itu dibagikan pula poster, leaflet dan masker kepada masyarakat umum. (wan)

cww trust seal