Saturday, April 13, 2024
Depan > Pendidikan > Terima Pendampingan Pengelolaan dan Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran

Terima Pendampingan Pengelolaan dan Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Probolinggo mendapatkan pendampingan pengelolaan dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Timur, Rabu (25/5/2022).

Pendampingan yang dilakukan di ruang Ki Hajar Dewantara Disdikbud Kabupaten Probolinggo ini diberikan kepada 31 guru SD dengan 2 Fasilitator Daerah (Fasda) Kabupaten Probolinggo pasca mendapatkan pelatihan pengelolaan dan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di Jawa Timur sebulan sebelumnya.

Kedua Fasda Kabupaten Probolinggo yang mendapatkan pendampingan tersebut adalah Diana Putri Salsabila dari SDI Darut Tauhid Kecamatan Krejengan serta Suli Kamarudin dari SDN Pedagangan 2 Kecamatan Tiris.

Kepala Disdikbud Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi melalui Analis Kebijakan Muda Like Lidyawati mengatakan pendampingan ini diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan TIK dalam pembelajaran.

“Sebanyak 31 guru TIK setelah mendapatkan pelatihan pengelolaan dan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di Provinsi Jawa Timur bersama LPMP Jawa Timur, hari ini terjadwal untuk mendapatkan pendampingan. Sejauhmana keterlaksanaan pembuatan media mengajar dan pemanfaatan media online bisa diterapkan dalam Proses Belajar Mengajar,” katanya.

Like mengharapkan guru yang sudah dilatih dapat mendesiminasikan pada guru lain karena harapannya setelah turun di daerah, guru-guru TIK tersebut dapat membantu guru-guru lain untuk memanfaatkan akun belajar.id.

“Melalui laman akun belajar.id tersebut diharapkan guru mampu membuat media mengajar dengan menggunakan media elektronik. Minimal 10 guru yang sudah dibimbing untuk belajar bersama memanfaatkan media TIK,” pungkasnya. (wan)