Depan > Pemerintahan > Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan IX Tahun 2021 Resmi Berakhir

Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan IX Tahun 2021 Resmi Berakhir

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Pelatihan kepemimpinan administrator angkatan IX tahun 2021 Provinsi Jawa Timur Pola Kemitraan di Kabupaten Probolinggo yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Probolinggo resmi berakhir pada Senin (29/11/2021).

Kegiatan ini resmi ditutup dengan pelepasan tanda peserta secara simbolis oleh Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono di ruang pertemuan Diklat BKD Kabupaten Probolinggo.

Pelatihan kepemimpinan administrator angkatan IX tahun 2021 Provinsi Jawa Timur Pola Kemitraan di Kabupaten Probolinggo dilaksanakan selama 91 hari mulai tanggal 24 Agustus hingga 29 Nopember 2021 secara blended learning telah berlangsung dengan tertib dan lancar. Hal ini berkat partisipasi dan kerja sama yang baik dari seluruh peserta, tenaga pengajar, panitia dan semua unsur terkait.

Kepala BKD Kabupaten Probolinggo Hudan Syarifuddin mengungkapkan penyelenggaraan pelatihan kepemimpinan administrator dilakukan melalui jalur pelatihan non klasikal/daring dengan materi pelatihan sesuai 4 (empat) agenda pembelajaran meliputi agenda kepemimpinan Pancasila dan nasionalisme, agenda kepemimpinan kinerja, agenda manajemen kinerja dan agenda aktualisasi kepemimpinan.

“Dalam rangka meningkatkan pemahaman materi pelatihan, proses pembelajaran juga dilaksanakan kegiatan studi lapangan pada tanggal 15 hingga 17 September 2021 di Kabupaten Banyuwangi dengan tiga lokus meliputi MPP Kabupaten Banyuwangi, Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi,” ujarnya.

Hudan menjelaskan dari 30 orang peserta dalam kegiatan ini, 10 orang peserta dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan, 16 orang peserta dinyatakan lulus dengan predikat memuaskan, 2 (dua) orang peserta dinyatakan lulus dengan predikat baik dan 2 (dua) orang peserta ditunda kelulusannya dan wajib mengikuti remidi paling lambat 14 hari dari tanggal penutupan.

“Adapun sebab peserta ditunda kelulusannya dikarenakan belum selesai membuat laporan aksi perubahan dan melaksanakan seminar dengan tidak mendapatkan persetujuan dengan mentor serta pada saat seminar rancangan mentor tidak hadir dan nilai evaluasi substansi tidak sampai 70,” tegasnya.

Sementara Asisten Adminisrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono mengatakan iklim kondusif di daerah dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah sesuai aspirasi dan kebutuhan masyarakat, akan lebih memberikan keleluasaan ruang gerak dalam berinovasi dalam melaksanakan kegiatan nyata dalam mewujudkan pemberian layanan kepada masyarakat.

“Kompleksitas dan berkembangnya urusan yang dikelola Pemerintah Daerah, semakin membutuhkan aparatur yang berkompeten dalam pelaksanaan tugas dan pemberian layanan kepada masyarakat di berbagai aspek pembangunan,” katanya.

Menurut Nanang, untuk meningkatkan SDM Aparatur Sipil Negara yang produktif dan dinamis dalam menunjang keberhasilan program pembangunan diharapkan pendidikan dan pelatihan aparatur terutama pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat III merupakan langkah strategis sebagai upaya meningkatkan kualitas Aparatur Sipil Negara.

“Saya mengucapkan selamat kepada saudara yang telah menjalani proses pembelajaran pelatihan kepemimpinan administrator dan tentunya kompetensi sebagai pejabat eselon III telah terbangun. Sebagai leadership dengan berpegang pada tugas dan fungsi dan dengan tetap mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai rambu-rambu saudara dalam menjalankan tugas melayani masyarakat,” jelasnya.

Nanang menegaskan meningkatnya kompetensi dalam menciptakan inovasi pada proyek perubahan yang didapat di pelatihan kepemimpinan administrator ini terasa mubazir apabila tidak diimplementasikan pada tugas pokok dan fungsi di Perangkat Daerah masing-masing yang mana pada akhirya akan berdampak positif kepada kesejahteraan masyarakat.

“Tidak lupa saya ucapkan selamat kepada peserta yang telah menyelesaikan tugas belajar dengan baik disertai dengan sikap disiplin yang baik dan semoga semakin meningkatkan kinerja di Perangkat Daerah tempat saudara bertugas,” pungkasnya. (wan)

https://probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2019/01/slotmaxwin/ https://bali.bawaslu.go.id/assets/artikel/slotgacormaxwin/ https://slot.papuabaratprov.go.id https://www.rtpharmoni.id/ slot pulsa slot slot online slot88