Tuesday, June 25, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Sungai Sumberkedawung Leces Dinormalisasi

Sungai Sumberkedawung Leces Dinormalisasi

Reporter : Syamsul Akbar
LECES – Setelah bertahun-tahun terjadi sedimentasi yang luar biasa, Sungai Sumberkedawung yang berada di Desa Sumberkedawung Kecamatan Leces dinormalisasi oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolingggo.

Jum’at (15/9/2023), Camat Leces Rachmad Hidayanto melakukan monitoring pelaksanaan pekerjaan normalisasi di bantaran sungai Sumberkedawung Desa Sumberkedawung Kecamatan Leces.

“Harapan segenap masyarakat Desa Sumberkedawung akhirnya dapat difasilitasi oleh Bupati Probolinggo melalui Dinas PUPR dengan melakukan normalisasi Sungai Sumberkedawung yang selama bertahun-tahun terjadi sedimentasi yang luar biasa,” kata Camat Leces Rachmad Hidayanto.

Menurut Rachmad, akibat sedimentasi tersebut menyebabkan fungsi Sungai Sumberkedawung tidak berjalan sebagaimana mestinya. Akibatnya ketika memasuki musim penghujan sebagian warga berjibaku menghadapi banjir karena aliran sungai tidak berfungsi dan tidak mampu menampung kapasitas air yang berlebihan.

“Warga Perumahan Blok Komak Indah menjadi area yang sering terdampak banjir ataupun genangan air hujan. Atas nama warga kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Probolinggo atas pekerjaan normalisasi sungai Sumberkedawung. Dengan normalisasi sungai tersebut, genangan yang rutin terjadi di Blok Komak Indah akan lebih cepat surut,” jelasnya.

Rachmad menghimbau kepada warga di sepanjang sungai Sumberkedawung agar lebih ikut peduli dengan tidak membuang sampah atau limbah rumah tangga di sungai. Tetap ikut berpartisipasi membersihkan sungai tersebut secara berkala dengan petugas dari Dinas PUPR.

“Realisasi pekerjaan normalisasi sungai ini merupakan bentuk kepedulian dan respon Bupati Probolinggo atas keluhan warga Desa Sumberkedawung Kecamatan Leces atas kondisi aliran sungai yang tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya,” pungkasnya. (wan)