Wednesday, December 1, 2021
Depan > Pemerintahan > Songsong Tuan Rumah Porprov Jatim 2023, Pemkab Benahi SGM Kraksaan

Songsong Tuan Rumah Porprov Jatim 2023, Pemkab Benahi SGM Kraksaan

Reporter : Wahed Efendi
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo sangat serius dalam mempersiapkan diri menjadi tuan rumah perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur tahun 2023 mendatang. Keseriusan tersebut diwujudkan dengan melakukan pembenahan sarana prasarana tempat olahraga dalam event 2 (dua) tahun sekali tersebut.

Sebagai persiapan menyongsong tuan rumah Porprov Jawa Timur tahun 2023 tersebut, Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo sedang fokus melakukan pembenahan sarana prasarana yang ada di Stadion Gelora Merdeka (SGM) Kota Kraksaan secara bertahap.

Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto melalui Kasi Sarana dan Prasarana Suhartini mengatakan saat ini pihaknya baru rampung melakukan renovasi pagar bagian dalam SGM Kota Kraksaan.

“Alhamdulillah, untuk renovasi pagar bagian dalam Stadion Gelora Merdeka Kota Kraksaan baru saja selesai. Renovasi ini kami lakukan karena pagar sebelumnya sudah hancur dan rusak sehingga tidak bisa digunakan lagi,” katanya.

Suhartini menjelaskan renovasi pagar bagian dalam ini merupakan kelanjutan dari renovasi sebelumnya. “Untuk saat ini, pagar yang direnovasi total panjangnya mencapai 225 meter dengan rincian sebelah timur sepanjang 38 meter, sebelah barat sepanjang 38 meter dan sebelah selatan atau radius sepanjang 149 meter,” jelasnya.

Menurut Suhartini pembangunan pagar bagian dalam SGM Kota Kraksaan ini dilakukan dengan tujuan agar bisa menjadi pemisah antara pemain dan penonton. Paling tidak penonton tidak sampai masuk ke dalam lapangan dan mengganggu pemain yang sedang bertanding.

“Stadion Gelora Merdeka Kota Kraksaan ini berfungsi sebagai representatif untuk even Porprov Jawa Timur tahun 2023 mendatang. Kebetulan Kabupaten Probolinggo mengajukan diri sebagai tuan rumah,” terangnya.

Suhartini menambahkan bahwa pihaknya juga sudah melakukan usulan kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia untuk pembenahan SGM Kota Kraksaan. Usulan yang diajukan meliputi revitalisasi gedung Stadion Gelora Merdeka Kraksaan, site development dan sarana pendukung lainnya.

“Setelah sampai disana, ternyata sudah dilimpahkan kepada Kementerian PU. Informasinya sudah berkoordinasi dengan Perkim (Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Probolinggo). Jadi sekarang perbaikan Stadion Gelora Merdeka Kota Kraksaan ada di Kementerian PU dan Perkim. Harapannya sebelum tahun 2023, perbaikan ini sudah rampung 100 persen,” pungkasnya. (hed)