Depan > Pemerintahan > Plt Bupati Timbul Launching Core Values dan ASN Berakhlak

Plt Bupati Timbul Launching Core Values dan ASN Berakhlak

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Untuk menjadi pondasi budaya kerja ASN yang profesional, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Organisasi melakukan launching dan internalisasi core values dan ASN Berakhlak, Employer Branding “Bangga Melayani Bangsa”, Kamis (11/11/2021) di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo.

Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko secara resmi melaunching core values dan ASN Berakhlak Employer Branding didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Kegiatan ini dihadiri oleh narasumber secara virtual Drs. Arizal dari Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PANRB) dan DR. Ramliyanto dari Biro Organisasi Provinsi Jawa Timur.

Launching Core Values ASN Berakhlak Employer Branding ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Plt Bupati Probolinggo Drs. Timbul Prihanjoko didampingi Sekda Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono serta Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto perwakilan dari ASN Pemkab Probolinggo.

Dalam kegiatan tersebut Plt Bupati Timbul melakukan penyematan PIN secara simbolis kepada perwakilan ASN. Yakni, Sekda Kabupaten Probolinggo H Soeparwiyono, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo Hengki Cahyo Saputra dan Camat Dringu Ulfiningtyas dan diikuti oleh seluruh ASN di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko menjelaskan kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari Presiden RI Ir. H. Joko Widodo yang telah meluncurkan Core Values ASN pada tanggal 12 Juli 2021 secara virtual. Tujuannya adalah menyeragamkan nilai-nilai dasar bagi seluruh ASN di Indonesia yang outputnya dapat menjadi pondasi budaya kerja ASN yang profesional.

“Dimana budaya kerja ASN profesional yang meliputi Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif yang disingkat dengan sebutan Ber-Akhlak. Sedangkan Employer Branding “Bangga Melayani Bangsa” harus dijiwai oleh seluruh ASN, menjalankan kewajiban dalam memenuhi hak warga negara serta untuk mendapatkan pelayanan prima,” katanya.

Menurut Plt Bupati Timbul, dengan adanya launching dan internalisasi Core Values dan ASN Employer Branding ini nantinya menjadi kesempatan yang tepat bagi seluruh ASN, baik dimulai dari pimpinan hingga staff.

“Untuk bertransformasi dan beradaptasi terlebih di era digitalisasi. Dimana penguasaan teknologi informasi sebagai penunjang proses pelaksanaan pekerjaan sangat dibutuhkan,” pungkasnya.

Sementara Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Probolinggo Anna Maria Dwi Susiandari menyampaikan kegiatan ini merupakan tindaklanjut Surat Edaran Menterí Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2021 tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding ASN.

“Telah ditetapkan Surat Edaran Bupati Probolinggo Nomor 800/222/426.53/2021 tentang implementasi Core Values dan Employer Branding ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya. (y0n)