Monday, July 26, 2021
Depan > Pendidikan > SMP-SMA HATI BBS Kraksaan Gelar Graduation Class of 2021

SMP-SMA HATI BBS Kraksaan Gelar Graduation Class of 2021

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebanyak 39 siswa SMP dan 20 siswa SMA HATI Billingual Boarding School (BBS) Kraksaan mengikuti prosesi wisuda kelulusan bertajuk Graduation Class of 2021 dengan tema “elevating millennial’s success during the pandemic” di aula Bin Hasan Pondok Pesantren HATI di Dusun Toroyan Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan, Sabtu (26/6/2021).

Prosesi wisuda siswa SMP dan SMA HATI BBS Kraksaan ini dilaksanakan di 3 (tiga) lokasi untuk mengurangi kerumunan di masa pandemi Covid-19. Selain di aula Bin Hasan, kegiatan ini disiarkan secara virtual di asrama siswa dan Masjin Bin Aminuddin. Selama pelaksanaan prosesi wisuda, semua yang terlibat menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE didampingi suaminya yang juga Pengasuh Pondok Pesantren HATI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari.

Hadir pula Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Probolinggo Kiswanto, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo H. Akh. Sruji Bakhtiar, Rais Syuriyah PCNU Kota Kraksaan KH Wasik Hannan, Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Kraksaan KH Syihabuddin Sholeh dan Camat Kraksaan Ponirin.

Kegiatan ini diawali dengan penampilan Tari Remo dan Tilawatil Qur’an. Dilanjutkan dengan prosesi wisuda SMP dan SMA sekaligus pemberian slempang kepada siswa yang sudah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Dalam kesempatan tersebut diserahkan penghargaan kepada siswa prestasi jenjang SMP dan SMA serta khusus tahfidz. Penghargaan juga diberikan kepada 14 siswa SMA HATI BBS Kraksaan yang telah diterima di PTN yang masing-masing mendapatkan apresiasi berupa 1 unit laptop.

Pengasuh Pondok Pesantren HATI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si mengatakan bahwa dirinya sudah menganggap semua siswa yang ada di SMP dan SMA HATI BBS Kraksaan seperti anaknya sendiri dan bukan sebagai santri. “Saya merasa sangat bangga dan menyampaikan terima kasih karena kalian telah mampu memberikan pondasi uswatun hasanah bagi adik kelasnya,” katanya.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI ini menyampaikan selamat kepada 14 siswa yang telah diterima di PTN. Bagi yang tidak diterima nantinya sudah ada mitra di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang prodinya juga bagus.

“SDM kelautan di Kabupaten Probolinggo kurang jika dibandingkan dengan lahan yang diciptakan oleh Allah. Sebab semua berlomba-lomba ingin menjadi guru hingga jumlahnya menumpuk. Selain itu juga ada mitra di sektor pertanian,” jelasnya.

Hasan menegaskan kepada santri Pondok Pesantren HATI yang sudah lulus bahwa saat libur wajib untuk mondok di Pondok Pesantren HATI. Tatkala nanti sudah menjadi orang sukses, jangan lupa dengan kewajibannya untuk membiayai adik-adiknya.

“Kalian sudah dihantar oleh Pondok Pesantren HATI. Insya Allah kalian akan menjadi manusia yang sholeh karena saya ingin membuka cakrawala bahwa nasab tidak menjamin nasib. Tetapi iman dan ilmu yang akan diangkat derajatnya oleh Allah sehingga kalianlah yang akan menentukan nasibnya sendiri,” tegasnya.

Suami Bupati Probolinggo inipun menyampaikan ucapan selamat menimba ilmu di Perguruan Tinggi Negeri kepada seluruh santrinya yang telah lulus. “Doakan agar saya dan Bu Tantri (Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE, Red) tetap diberikan kekuatan sehingga tetap membiayai lahir dan batin kepada kalian semua. Mohon doanya, Insya Allah tahun depan akan menerima santri perempuan,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal