Sunday, September 26, 2021
Depan > Kesehatan > Ivermectin Belum Direkomendasikan Sebagai Obat Covid-19

Ivermectin Belum Direkomendasikan Sebagai Obat Covid-19

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Kita perlu memahami bahwa suatu obat dikatakan efektif bila telah lolos uji klinik tahap 3. Hindari overclaim suatu obat tertentu yang belum jelas efektivitasnya. Beberapa waktu ini viral terkait obat Ivermectin yang dikatakan efektif dan aman terhadap kesembuhan penderita Covid-19 di India.

Hal tersebut ditegaskan oleh Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica. “BPOM-RI memberikan penjelasan bahwa Ivermectin belum direkomendasikan sebagai obat Covid-19 karena masih memerlukan bukti ilmiah lebih lanjut,” katanya.

Menurut Dewi, Ivermectin terdaftar di Indonesia sebagai obat cacing dan merupakan obat keras yang penggunaannya harus dalam pengawasan dokter. Ivermectin yang digunakan dalam jangka panjang dapat mengakibatkan efek samping nyeri otot, sembelit, diare, mengantuk bahkan reaksi alergi.

“Agar lebih berhati-hati, BPOM-RI meminta masyarakat tidak membeli obat secara bebas tanpa resep dokter termasuk membeli platform online. Untuk penjualan Ivermectin termasuk melalui online tanpa resep dokter akan dikenakan sangsi,” jelasnya.

Intinya tambah Dewi, hingga saat ini belum ada obat yang terbukti efektif utnuk mencegah dan mengobati Covid-19. “Pencegahan lebih baik daripada mengobati dan pencegahan yang paling efektif hanya dengan protokol kesehatan 5M + pola hidup sehat +vaksinasi,” pungkasnya. (wan)