Depan > Kesehatan > RSUD Tongas Terima Bantuan Generator Oksigen

RSUD Tongas Terima Bantuan Generator Oksigen

Reporter : Mujiono
TONGAS – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tongas mendapatkan bantuan Generator Oksigen dari PT. Sasa Inti melalui Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi Jawa Timur.

Bantuan generator oksigen tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Ketua KADIN Provinsi Jawa Timur Diar Kusuma Putra kepada Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Kamis (23/12/2021) di halaman RSUD Tongas Kabupaten Probolinggo.

Serah terima generator oksigen ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono, Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo Yulius Christian serta Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo.

Bantuan generator oksigen PT. Sasa Inti melalui KADIN Provinsi Jawa Timur merupakan bentuk kepedulian terhadap pelayanan kesehatan pasien agar supaya nantinya pasien yang membutuhkan oksigen tidak mengalami kesulitan.

Dalam kesempatan tersebut Plt Bupati Timbul melakukan pengecekan bantuan generator oksigen yang diberikan CSR agar supaya generator oksigen dapat digunakan dengan baik untuk kepentingan pasien.

Plt Bupati Timbul juga melihat kondisi 2 (dua) kendaraan penanganan kesehatan kedaruratan untuk pasien (ambulance). Kelengkapan alat untuk penanganan kesehatan darurat pada mobil ambulance juga menjadi hal penting agar supaya pasien dapat tertangani kesehatannya dengan cepat.

Generator oksigen merupakan fasilitas medis untuk merawat pasien, khususnya pasien yang terjangkit Covid-19 yang membutuhkan alat bantu pernapasan. Generator oksigen untuk mengatasi permasalahan kelangkaan oksigen yang dibutuhkan sewaktu-waktu oleh pasien. Oksigen yang terbaik dari hasil generator oksigen akan mampu memenuhi kebutuhan pasien yang membutuhkanya.

Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menjelaskan generator oksigen yang diperuntukkan RSUD Tongas ini adalah solusi yang tepat bagi rumah sakit. Keberadaan generator oksigen ini untuk memproduksi oksigen yang dibutuhkan oleh rumah sakit langsung dan dapat menjamin keberadaan oksigen akan terus ada yang dibutuhkan setiap saat oleh pasien.

“Kesediaan generator oksigen akan menghasilkan oksigen dengan kualitas yang baik dan efisien. Selain itu mampu memberikan oksigen, khususnya dalam penanganan pada pasien yang terjangkit Covid-19 di RSUD Tongas. Apa yang dilakukan oleh PT. Sasa Inti dan Kadin Provinsi Jawa Timur ini akan lebih meningkatkan layanan kesehatan terutama penanganan pasien Covid-19 di Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Sementara Wakil Ketua KADIN Provinsi Jawa Timur Diar Kusuma Putra menambahkan KADIN Provinsi Jawa Timur melalui Yayasan Kemanusiaan KADIN bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan, salah satunya PT. Roda Mas dan PT. Sasa Inti yang juga menyalurkan bantuan untuk wilayah Jawa Timur sebanyak 1.200 tabung oksigen.

“Selain itu, ada 10 generator oksigen yang juga disalurkan di wilayah Jawa Timur, salah satunya Kabupaten Probolinggo yang berkesempatan memperoleh bantuan generator oksigen yang ditempatkan di RSUD Tongas,” katanya. (y0n)