Sunday, January 23, 2022
Depan > Kemasyarakatan > DPKH Lakukan Evaluasi Kinerja Korwil, Korcam dan Petugas Teknis Peternakan

DPKH Lakukan Evaluasi Kinerja Korwil, Korcam dan Petugas Teknis Peternakan

Reporter : Syamsul Akbar
SUKAPURA – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo melakukan evaluasi kinerja korwil, korcam dan petugas teknis peternakan di Lava Hill Resort Desa Sapikerep Kecamatan Sukapura.

Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Yahyadi ini diikuti oleh 85 orang peserta terdiri dari seluruh kepala bidang, sekretaris, kasubab, kepala UPT serta korwil, korcam dan petugas teknis peternakan.

Dalam kegiatan tersebut para kepala bidang dan sekretaris dinas menyampaikan kegiatan-kegiatan yang sudah terlaksana di tahun 2021. Serta memberikan reward kepada petugas yang memang betul-betul sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Yahyadi mengatakan evaluasi kinerja ini dilakukan karena di peternakan adalah merupakan barang hidup yang dihibahkan kepada masyarakat melalui kelompok tani, maka itu ada pemeliharaan selanjutnya.

“Jadi rencana tindak lanjutnya itu bagaimana agar hibah yang diberikan kepada penerima manfaat melalui kelompok tani betul-betul optimal dalam pemeliharaan sehingga apa diharapkan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan tentang peningkatan populasi dan produksi serta peningkatan pendapatan para peternak itu akan trwujud sehingga secara otomatis akan menurunkan angka kemiskinan,” katanya.

Terkait reward yang diberikan kepada para petugas Yahyadi menegaskan bagaimana kegiatan petugas di lapangan terkait dengan pelayanannya, baik pelayanan IB, PKb maupun kelahiran. Semua itu sudah tertera dalam target pencapaian IB, PKb dan kelahiran.

“Dari 3 item pelayanan ini masing-masing saya menilai ada 3 (tiga) juara dari 3 pelayanan ini sesuai degan target yang sudah ditentukan dalam rangka meningkatkan pendapatan para petani. Alhamdulillah ada 9 petugas yang mendapatkan reward berupa jaket. Sengaja saya pilih jaket karena petugas kami merupakan petugas pelayanan aktif bukan pelayanan pasif,” jelasnya.

Yahyadi mencontohkan apabila petugas dipanggil oleh seorang peternak, maka petugas akan berkunjung dan begitu seterusnya, baik itu pelayanan IB, PKb maupun kelahiran. Inilah momentum dalam menilai kinerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang sudah tertera di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo.

“Mudah-mudahan apa yang kita laksanakan ini selalu mendapatkan petunjuk, barokah dan hidayah dari Allah SWT sehingga bisa memberikan manfaat kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)