Depan > Kemasyarakatan > Realisasi PAD Retribusi Pelayanan Tera dan Tera Ulang Capai Rp 31 Juta

Realisasi PAD Retribusi Pelayanan Tera dan Tera Ulang Capai Rp 31 Juta

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi pelayanan tera dan tera ulang di Kabupaten Probolinggo hingga 11 April 2022 mencapai Rp 31.102.000 atau 17,28% dari target sebesar Rp 180.000.000.

“Alhamdulillah, untuk target PAD masih bisa kita capai. Namun kendalanya, di pelayanan tempat sidang tera yang dilaksanakan di 6 lokus pasar yang sudah dilayani, ada penurunan dibandingkan dengan tahun kemarin. Oleh karena itu kesadaran masyarakat tentang pentingnya tera ulang bagi alat UTTP yang dimiliki perlu ditingkatkan lagi,” ujar Kepala UPT Metrologi Legal Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo Diyah Setyo Rini.

Dengan target sebesar Rp 180 juta tersebut jelas Rini, pihaknya membagi dalam target triwulanan. Untuk triwulan I sebesar Rp 30 juta, triwulan II sebesar Rp 50 juta, triwulan III sebesar Rp 50 juta dan triwulan IV sebesar Rp 50 juta. “Pertimbangannya kalau dari data tahun kemarin, wajib tera ulang yang menyajikan tera ulang banyak di triwulan III dan IV,” jelasnya.

Menurut Rini, pelayanan tera ulang ini dibagi 3 (tiga) meliputi tera ulang di tempat sidang, tera ulang di tempat pakai dan tera ulang di kantor. Pelayanan tera ulang di tempat sidang ini dilakukan di pasar dan wajib tera ulang yang datang.

“Tera ulang di tempat pakai, petugas dari Metrologi Legal yang mendatangi wajib tera ulang. Misalnya SPBU, perusahaan dan lain sebagainya. Serta tera ulang di kantor adalah pelayanan tera ulang dimana wajib tera ulang datang sendiri ke Kantor Metrologi Legal untuk meminta pelayanan tera ulang dengan membawa alat UTTP (Ukur, Timbang, Takar dan Perlengkapannya),” terangnya.

Rini menerangkan untuk pelayanan sidang tera ulang di pasar pada 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo dijadwalkan hingga bulan September 2022. Setelah itu akan fokus kepada tera ulang di kantor dan tempat pakai.

“Seperti tera ulang di PG Wonolangan mengajukan pada pertengahan April 2022. Namun akhirnya kita agendakan di akhir bulan April 2022 supaya tidak bentrok antara tera ulang di tempat pakai dan sidang tera ulang di pasar,” tegasnya.

Lebih lanjut Rini menegaskan untuk mencapai target tersebut pihaknya akan terus berupaya mensosialisasikan tentang kemetrologian baik kepada pedagang maupun masyarakat selaku konsumen. Harapannya nanti masyarakat supaya lebih teliti dan menjadi konsumen cerdas ketika melihat alat ukur yang digunakan sudah di tera atau belum. Disamping juga gencar memberikan sosialisasi melalui media sosial (medsos).

“Kuncinya kita terus memberikan sosialisasi dengan mengingatkan wajib tera ulang ketika sudah di bawah untuk segera mengajukan tera ulang ke tempat pakai. Selain itu pengawasan juga terus kita tingkatkan. Ketika melakukan pengawasan sekalian mengingatkan jadwal tera ulang,” ungkapnya.

Rini menambahkan desa-desa yang memiliki banyak toko dan banyak wajib tera ulang yang keberatan datang ke sidang tera ulang, minimal 30 wajib tera ulang bisa mengajukan pelayanan tera ulang ke Metrologi Legal. Nantinya petugas dari Metrologi Legal yang akan mendatangi wajib tera ulang.

“Sebetulnya untuk target PAD pelayanan tera dan tera ulang sebesar Rp 180 juta ini optimis bisa tercapai. Namun demikian, target PAD bukanlah fokus pelayanan tera dan tera ulang. Tetapi target utamanya adalah mampu menciptakan tertib ukur di Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Sementara Plt Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Moh. Natsir mengatakan kegiatan tera ulang yang dilaksanakan oleh UPT Metrologi Legal, terutama di tempat sidang hendaknya bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat, khususnya pengguna alat ukur.

“Apabila ada jadwal pelayanan tera ulang di tempat sidang, silahkan datang untuk di tera ulangkan alat ukurnya supaya transaksinya amanah. Antara pemilik alat ukur dengan konsumen sama-sama tidak dirugikan,” katanya. (wan)

https://probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2019/01/slotmaxwin/ https://bali.bawaslu.go.id/assets/artikel/slotgacormaxwin/ https://slot.papuabaratprov.go.id https://www.rtpharmoni.id/ slot pulsa slot slot online slot88