Tuesday, May 21, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Dishub Gelar Rakor Sinergi Pelaksanaan Tugas Pemerintahan Bidang Perhubungan

Dishub Gelar Rakor Sinergi Pelaksanaan Tugas Pemerintahan Bidang Perhubungan

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat koordinasi (rakor) sinergi pelaksanaan tugas pemerintahan bidang perhubungan bertajuk “Dishub Sahabat Camat” di ruang pertemuan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Kabupaten Probolinggo, Selasa (19/12/2023).

Rakor yang dipimpin oleh Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo Edy Suryanto didampingi Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub Kabupaten Probolinggo Bambang Singgih Hartadi ini diikuti oleh Kasi Trantib dari 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.

“Melalui program Dishub Sahabat Camat ini, nanti satu personil Dishub setiap hari Senin pagi mengikuti apel di kecamatan,” kata Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo Edy Suryanto melalui Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub Kabupaten Probolinggo Bambang Singgih Hartadi.

Sesuai dengan arahan dari Kepala Dishub jelas Bambang, untuk personil Dishub yang ada di masing-masing kecamatan harus tahu nomor dari Camat, Kapolsek, Danramil serta semua Kepala Desa di masing-masing kecamatan.

“Hal ini diperlukan dalam rangka untuk koordinasi ketika ada suatu permasalahan yang masuk di dalam call center Lapor Kand4. Disitu personil Dishub akan berkoordinasi dengan Kasi Trantib di kecamatan,” jelasnya.

Melalui program Dishub Sahabat Camat ini jelas Bambang, personil Dishub bertugas untuk menginventarisir aset-aset perhubungan yang ada di kecamatan. Itu perlu petugas personil dari Dishub yang akan diperbantukan di kecamatan. Hanya ikut apel pagi setiap hari Senin saja.

“Termasuk juga semua aset akan dititipkan ke Bapak Camat untuk keamanannya. Jadi hal ini melibatkan masyarakat desa untuk ikut berperan aktif dalam menjaga aset-aset perhubungan seperti rambu-rambu maupun gadril, termasuk PJU itu nanti diharapkan peran serta dari masyaraklat desa di masing-masing kecamatan,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut Dishub juga mengundang Satlantas Polres Probolinggo dan Satlantas Polres Probolinggo Kota terkait dalam waktu dekat pada masa Nataru (Natal dan Tahun Baru) 2024 ini juga berperan di dalam penjagaan perlintasan kereta api yang tidak berpalang pintu. Ini tentunya akan melibatkan masyarakat desa di sekitar perlintasan yang tidak ada palang pintunya.

“Tentunya diharapkan dari Forkopimda di 4 kecamatan (Leces, Tegalsiwalan, Sumberasih dan Tongas) supaya ada sukarelawan yang menjaga perlintasan kereta api ketika kereta api lewat. Nanti akan kita beri jadwal sesuai dengan informasi dari DAOP IX. Dengan melihat data itu nanti diharapkan masyarakat desa yang berada di perlintasan kereta api sebidang ada yang menjaganya,” tegasnya.

Dengan adanya program Dishub Sahabat Camat ini Bambang mengharapkan tentunya koordinasi akan lebih efektif ketika ada personil Dishub yang ada di masing-masing kecamatan.

“Pada masa libur Nataru ini, untuk penjagaan di perlintasan sebidang kereta api yang tidak berpalang pintu akan lebih maksimal lagi dan kejadian yang tidak kita inginkan bisa diminimalisir,” pungkasnya. (wan)