Depan > Kemasyarakatan > Produk Poklahsar Ramaikan Gelar Produk UKM Perikanan di GM Probolinggo

Produk Poklahsar Ramaikan Gelar Produk UKM Perikanan di GM Probolinggo

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo bersinergi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melakukan Gelar Produk UKM Perikanan di GM Toserba Probolinggo selama seminggu mulai 14 hingga 20 Pebruari 2022.

Gelar produk UKM Perikanan ini diramaikan oleh 29 produk dari Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) binaan Diskan Kabupaten Probolinggo. Produk yang ditampilkan semuanya berasal dari hasil laut yang diolah dalam bentuk makanan dan minuman (mamin), kerajinan tangan (handycraft) dan lain sebagainya.

Kepala Bidang Bina Usaha Perikanan Diskan Kabupaten Probolinggo Saiful HIdayat mengatakan gelar produk UKM perikanan ini merupakan kerja sama antara Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur dengan GM Toserba Probolinggo. Sementara Diskan Kabupaten Probolinggo diminta untuk menyiapkan produk UKM perikanan untuk mengisi stand yang sudah disiapkan.

“Silahkan masyarakat bisa datang ke GM Toserba Probolinggo untuk membeli produk UKM perikanan. Untuk Senin sampai dengan Sabtu, stand dibuka mulai pukul 07.00 hingga 19.00 WIB. Khusus hari Minggu, stand dibuka hingga pukul 14.00 WIB siang. Sebab mereka masih harus menata produk khawatir pulangnya hujan,” katanya.

Untuk mensupport gelar produk UKM perikanan ini jelas Saiful, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari selaku Plt Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo mencetus gagasan pembuatan voucher penjualan sebesar Rp 50 ribu per voucher untuk dibagikan kepada seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

“Menurut Plt Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo, kalau hanya gelar produk UKM saja maka lakunya akan sedikit. Selanjutnya saya diperintah membuat voucher untuk mendukung pemasaran dan pembeliannya. Akhirnya saya membuat 500 lembar voucher dan habis semua dibagikan ke OPD,” terangnya.

Saiful menerangkan dengan adanya voucher tersebut diharapkan para OPD dapat membeli produk UKM perikanan untuk mendukung gelar produk UKM. Sebab dengan begitu maka produk UKM perikanan yang ditampilkan bisa laku. “UKM sangat berterima kasih kepada Dinas Perikanan dan Plt Kepala Dinas Perikanan yang betul-betul eksis mendukung dan mensupport gelar produk UKM perikanan di GM Toserba Probolinggo,” ujarnya.

Lebih lanjut Saiful menjelaskan gelar produk UKM perikanan ini bertujuan sebagai upaya dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk mensupport kegiatan UKM dalam hal pemasaran.

“Paling tidak dengan adanya gelar produk UKM ini mereka tahu kekurangannya, baik kemasan maupun packingnya agar bisa dijadikan evaluasi bagaimana ke depannya untuk lebih baik lagi. Yang jelas ini bisa membangkitkan semangat Poklahsar untuk terus berproduksi di tengah lesunya pemasaran karena masih dalam masa pandemi Covid-19,” tegasnya.

Menurut Saiful, dalam gelar produk UKM perikanan ini rata-rata income yang diterima setiap harinya mencapai Rp 1 juta hingga Rp 2 juta untuk chas dari pengunjung dan 70 lembar voucher. Harapannya hari Sabtu dan Minggu ini banyak yang tukar voucher. Sebab vouchernya baru masuk 350 lembar dari total 500 lembar.

“Antusias pengunjung yang berkunjung ke stand gelar produk UKM ini sangat bagus. Buktinya hasil penjualan chas juga sangat banyak. Harapannya tahun depan diberi jatah lagi agar UKM khususnya dari sektor perikanan ke depannya lebih baik lagi,” jelasnya.

Saiful menambahkan sebagian dari produk UKM perikanan Poklahsar sudah langsung ditaruh di GM Toserba Probolinggo. Pihaknya juga mengarahkan masyarakat agar beli sendiri ke GM Toserba Probolinggo. Terlebih produk dan kemasannya sudah bagus.

“Harapan kami ke depan GM Toserba Probolinggo bisa sedikit membuka pintu untuk menerima produk UKM perikanan dari Poklahsar yang ada di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)