Depan > Kemasyarakatan > Baznas Mulai Kumpulkan Zakat Fitrah ASN

Baznas Mulai Kumpulkan Zakat Fitrah ASN

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo mulai melakukan pengumpulan zakat fitrah Aparatur Sipil Negara (ASN) baik dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Penyetoran zakat fitrah ASN ke Baznas Kabupaten Probolinggo ini dilakukan berdasarkan Surat Edaran Bupati Probolinggo Nomor: 420/023/426.33/2022 Tanggal 18 Maret 2022 Tentang Pengumpulan Zakat Fitrah Ramadhan 1443 Hijriyah Bagi ASN di Lingkungan Pemkab Probolinggo. Serta hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Baznas yang menyebutkan agar zakat fitrah ASN disetorkan ke Baznas.

Hingga Senin (11/4/2022) siang atau memasuki hari ke-9 bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah, Baznas berhasil mengumpulkan zakat fitrah dari 694 ASN atau sebanyak 2.082 kg atau 2,082 ton beras.

Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H Ahmad Muzamil mengungkapkan zakat fitrah ini diperoleh dari seluruh ASN (PNS dan PPPK) dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah), kecamatan, kelurahan dan semua instansi di Kabupaten Probolinggo.

“Masing-masing ASN menyetorkan uang untuk zakat fitrah sebesar Rp 30 ribu atau setara dengan nilai beras seberat 3 kg. Sehingga total pengumpulannya dari 694 ASN tersebut mencapai Rp 20.820.000,” katanya.

Menurut Muzamil, Baznas Kabupaten Probolinggo telah menyiapkan beras kemasan 3 kg bagi para ASN yang akan menunaikan zakat fitrah. Jadi ASN yang mengumpulkan uang nanti akan diwujudkan berupa beras 3 kg.

“Sesuai dengan surat edaran Bupati Probolinggo, ketentuan pengumpulan zakat fitrah ASN ini akan dilakukan hingga tanggal 24 April 2022. Namun demikian, Baznas masih akan tetap menerima sampai sebelum datangnya hari raya Idul Fitri,” jelasnya.

Muzamil menerangkan zakat fitrah ASN ini sebagaimana tahun-tahun sebelumnya juga akan diberikan tambahan berupa sembako senilai Rp 60 ribu per zakatnya. Sembakonya terdiri dari minyak goreng, gula, kopi, teh, mie instans serta kecap.

“Untuk tambahan sembako ini Baznas menyiapkan sebanyak 6000 paket. Karena tahun kemarin yang menyalurkan zakat fitrah sebanyak 7000 ASN. Namun tahun ini banyak ASN yang pensiun,” terangnya.

Oleh karena itu Muzamil mengharapkan kepada seluruh Kepala OPD, Camat dan Lurah agar bisa segera melakukan penyetoran zakat fitrahnya di Baznas sehingga bisa langsung dilakukan pendistribusian kepada fuqara dan masakin.

“Tentu harapan terbesarnya adalah Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan. Sebab tahun lalu kedua OPD tersebut paling banyak ASN yang menyalurkan zakat fitrahnya ke Baznas. Sehingga mampu memenuhi kuota 6000 paket sembako yang sudah kita siapkan,” tegasnya.

Muzamil menegaskan zakat fitrah ini memang sudah menjadi kewajiban bagi orang yang hidup di akhir bulan suci Ramadhan sampai sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri. Umat muslim dalam waktu tersebut wajib mengeluarkan zakat fitrah dan memberikan kepada kaum fuqara masaqin yang sangat membutuhkan.

“Kita memang sengaja menambahi zakat fitrah ASN tersebut dengan sembako. Jadi kaum fuqara dan masakin selain mendapatkan zakat fitrah juga memperoleh paket sembako dalam rangka bagi-bagi kebahagian sehingga bisa memenuhi kebutuhan hidupnya,” ujarnya.

Untuk pendistribusiannya terang Muzamil, Baznas akan meminta bantuan kepada organisasi kepemudaan yang berada di masing-masing kecamatan di Kabupaten Probolinggo yang sudah siap untuk menyalurkan zakat fitrah ASN di lingkungan Pemkab Probolinggo.

“Diharapkan di tanggal 20 Ramadhan nanti, seluruh ASN terutama dari Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan yang potensinya sangat banyak PNS dan PPPK juga menunaikan zakat fitrahnya di Baznas. Semuanya akan direalisasikan pada fuqara dan masakin yang datanya sudah ada dan tepat sasaran,” tambahnya.

Selain sibuk dengan penerimaan zakat fitrah ASN, Baznas juga sedang memfasilitasi paket sahur bersama yang merupakan program Baznas pusat bekerja sama dengan Corporate Social Responsibility (CSR) Pepsodent Unilever dari 15 hingga 25 April 2022 mendatang.

“Program paket sahur bersama ini akan melibatkan 3.750 sasaran mulai dari anak-anak yatim piatu, kaum dhuafa, santri dalam perlindungan di pondok pesantren, anak-anak jalanan serta orang-orang PKL,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Baznas juga berencana akan memberikan 50 paket zakat fitrah plus sembako kepada para abang becak pada saat peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Kraksaan. (wan)

https://probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2019/01/slotmaxwin/ https://bali.bawaslu.go.id/assets/artikel/slotgacormaxwin/ https://slot.papuabaratprov.go.id https://www.rtpharmoni.id/ slot pulsa slot slot online slot88