Depan > Kesehatan > Puskesmas Tongas Luncurkan Layanan Poli Vaksinasi

Puskesmas Tongas Luncurkan Layanan Poli Vaksinasi

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh masyarakat, Puskesmas Tongas Kabupaten Probolinggo meluncurkan program layanan Poli Vaksinasi, Rabu (8/12/2021).

Layanan Poli Vaksinasi ini langsung ditangani oleh Koordinator Imunisasi (Korim) Muty Andayani yang memberikan pelayanan vaksinasi. Masyarakat bisa memanfaatkan Poli Vaksinasi ini pada hari Senin hingga Sabtu.

“Untuk saat ini Poli Vaksinasi ini dikhususkan memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19. Tetapi tidak menutup kemungkinan ke depan untuk vaksinasi dewasa lainnya,” kata Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani.

Menurut Nia, masyarakat bisa memanfaatkan layanan Poli Vaksinasi ini dengan membawa KTP atau Kartu Vaksin untuk yang dosis 1 dan nomor handphone aktif. “Keunggulannya, masyarakat tidak perlu antri dan bisa langsung mendaftar vaksin di Poli Vaksinasi. Jadi tinggal parkir kendaraan, cuci tangan dan langsung ke Poli Vaksinasi. Kita memanfaatkan lokasi yang strategis,” jelasnya.

Nia menjelaskan layanan Poli Vaksinasi ini bertujuan untuk memudahkan orang-orang yang mau vaksin dosis 1 dan dosis 2 baik dari dalam maupun luar Kabupaten Probolinggo. Sehingga bisa lebih banyak orang yang vaksin baik dosis 1 maupun dosis 2. “Hingga saat ini, vaksinasi Covid-19 di wilayah kerja Puskesmas Tongas mencapai 72,8% untuk dosis 1. Sementara untuk vaksinasi lansia dosis 1 mencapai 43%,” tegasnya.

Melalui pelayanan Poli Vaksinasi ini Nia mengharapkan nantinya akan semakin banyak orang yang mendapatkan pelayanan vaksinasi di Puskesmas Tongas dengan mudah. “Dengan pelayanan Poli Vaksinasi ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang sudah divaksin baik dosis 1 maupun dosis 2 sehingga bisa segera tercipta herd immunity, khususnya di wilayah kerja Puskesmas Tongas,” pungkasnya. (wan)