Depan > Kemasyarakatan > Puluhan Jurnalis Ikuti Cek Kesehatan dan Vaksin Booster

Puluhan Jurnalis Ikuti Cek Kesehatan dan Vaksin Booster

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Untuk mengantisipasi meluasnya virus Covid-19 varia Omicron, wartawan Probolinggo Raya yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Probolinggo menjalani cek kesehatan sekaligus vaksinasi booster, Selasa (8/2/2022) di Labkesda Kabupaten Probolinggo di Jalan Panjaitan Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo Yulius Christian, Ketua PWI Probolinggo HA. Suyuti, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo Mujoko serta Kepala Puskesmas Sumberasih, dr. Imilda Kusumaningrum.

Puluhan wartawan ini antusias untuk melakukan pengecekan kesehatan agar supaya kondisi kesehatannya selalu sehat. Kegiatan ini merupakan salah satui upaya untuk mengantisipasi dan proteksi terhadap para jurnalis yang bertugas peliputan tidak menemui kendala kedepannya. Bahkan dapat menjaga kesehatan keluarga dari bahaya virus Covid-19 varian Omicron.

Para jurnalis yang diperbolehkan memperoleh vaksin booster, sudah pernah vaksin pertama dan kedua dengan jarak waktu diatas enam bulan dari vaksin kedua. Kendala lain yang tidak diperbolehkan vaksin booster yaitu kondisi kesehatan yang tidak fit. Jika nantinya kondisi kesehatannya sudah stabil dan fit, disarankan untuk ikut vaksin ketiga atau booster.

Kepala Puskesmas Sumberasih dr. Imilda Kusumaningrum mengungkapkan pemberian vaksin booster merupakan salah satu antisipasi dari merebaknya varian Omicron. Varian itu lebih cepat sistem penularannya dibanding varian sebelumnya. “Meskipun dampak yang ditimbulkan tidak seganas varian-varian sebelumnya,” ungkapnya.

Sementara Ketua PWI Probolinggo HA. Suyuti menyampaikan para jurnalis yang tugasnya melakukan peliputan dan kerap bertemu dengan orang baru serta memasuki kerumunan. “Kegiatan yang dilakukan jurnalis ini sangat rentan terhadap penularan Covid-19 terlebih varian Omicron,” ujarnya.

Pengecekan kesehatan dan vaksin booster ini merupakan rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di wilayah Probolinggo. “Para jurnalis tetap fokus dan harus memiliki stamina yang prima dalam menjalankan tugas peliputan. Yaitu menyampaikan informasi-informasi penting dan dapat mengedukasi masyarakat,” katanya.(yOn)