Depan > Pemerintahan > Pemkab Gelar Istighotsah dan Ikrar Damai Pilkades Serentak 2022

Pemkab Gelar Istighotsah dan Ikrar Damai Pilkades Serentak 2022

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Untuk menciptakan situasi yang aman dan lancar pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar istighotsah dan ikrar damai Pilkades Serentak, Selasa (8/2/2022) di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini dihadiri Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didamping anggota Forkopimda Kabupaten Probolinggo, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, tokoh agama serta tokoh masyarakat Kabupaten Probolinggo.

Istighotsah dan ikrar damai Pilkades serentak ini diikuti oleh seluruh Calon Kepala Desa (Cakades) se-Kabupaten Probolinggo. Sebagian mengikuti di Pendopo Kabupaten Probolinggo dan sebagian lagi mengikuti di pendopo kecamatan masing-masing dengan melibatkan Forkopimka, Ketua MWCNU, Pj Kepala Desa beserta BPD dan Panitia Pemilihan Desa.

Kegiatan ini dimaksudkan agar pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Probolinggo tahun 2022 berjalan amanah, profesional dan aman. Tentunya yang diinginkan dalam proses Pilkades berjalan aman, lancar, damai dan kondusif sesuai aturan perundangan-undangan yang berlaku.

Pembacaan ikrar damai ini dipandu oleh Kepala Bidang Penataan Desa pada DPMD Kabupaten Probolinggo Nur Rachmad Sholeh dan secara serentak diikuti oleh seluruh Cakades yang berada di Pendopo Kabupaten Probolinggo dan para cakades yang lain secara virtual. Dilanjutkan dengan penandatanganan naskah ikrar damai.

Proses Pilkades serentak pada 250 desa se-Kabupaten Probolinggo ini diikuti oleh 803 Cakades yang tersebar di 24 kecamatan yang telah ditetapkan oleh Panitia Pemilihan Desa. Sejumlah 723.046 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan 1.847 TPS (Tempat Pemungutan Suara) dengan pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat.

Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko berharap para Calon Kepala Desa yang berjumlah 803 orang untuk menjaga dan membawa pendukungnya selalu dalam suasana kekeluargaan.

“Hal-hal yang perlu saya tekankan kepada para Cakades tetap menjaga dan tegakkan protokol kesehatan. Sebagai tokoh masyarakat tetap mengedepankan sikap santun, toleransi serta menjunjung tinggi sportifitas para calon kepala desa,” katanya.

Lebih lanjut Plt Bupati Timbul juga menekankan kepada para pendukung yang mempromosikan calonnya agar dapatnya tidak menjelek-jelekkan terhadap calon yang lain. “Tentunya harus menerima kenyataan siap kalah dan siap menang bagi para calon maupun pendukungnya. Para warga berhak untuk memberikan hak suaranya dan pilihlah calon kepala desa sesuai hati nuraninya masing-masing,” pungkasnya. (y0n)