Thursday, October 28, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Proses Regenerasi, KNPI Gelar Musda ke-VII

Proses Regenerasi, KNPI Gelar Musda ke-VII

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Sabtu (21/12/2019) siang, DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Probolinggo melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) ke-VII di aula Bin Hasan Pondok Pesantren Hati Dusun Toroyan Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan.

Musda tersebut diikuti oleh utusan DPD KNPI Provinsi Jawa Timur, utusan DPD KNPI Kabupaten Probolinggo, utusan DPD KNPI Kecamatan Distrik, utusan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) se-Kabupaten Probolinggo serta Majelis Pemuda Indonesia Kabupaten Probolinggo.

Agenda utama dalam forum pengambilan keputusan tertinggi ini adalah untuk memilih, menetapkan ketua dan pengurus serta membahas program kerja dan merumuskan langkah-langkah penyempurnaan untuk ke depannya.

Hadir pada agenda Musda tersebut sekaligus untuk membuka secara resmi, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si selaku Penasehat DPD KNPI Kabupaten Probolinggo didampingi Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto, Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo Ali Kusno, perwakilan anggota Forkopimda dan Forkopimka Kraksaan.

Pada kesempatan tersebut Hasan Aminuddin yang juga merupakan alumni KNPI mengemukakan bahwa Musda merupakan sebuah proses regenerasi. Dimana regenerasi pada tubuh sebuah organisasi kemasyarakatan (ormas) ini sangat penting untuk dilaksanakan.

Hasan Aminuddin menyebutkan hal ini sesuai dengan pedomannya dalam kehidupan berorganisasi yakni salah satu maqolah Imam Syafi’i yang mengatakan bahwa, manusia tidak boleh anyir. Karena hanya air mengendap yang boleh anyir.

“Sehingga harus ada proses regenerasi khususnya pada ormas seperti pada KNPI. Kalau manusia anyir itu tidak ada inovasi sehingga merasa jadi raja, sebaliknya jika terjadi regenerasi maka akan ada sahabat baru, teman baru dan suasana baru sehingga akan memunculkan inovasi,” terang Hasan Aminuddin.

Selain untuk regenerasi, Hasan Aminuddin berharap melalui Musda DPD KNPI Kabupaten Probolinggo ini juga mampu merestorasi kebiasaan kuno ormas pada setiap agenda forum tertinggi ormas, yang hanya sibuk dan berkutat pada pemilihan ketua dan pengurus baru saja.

“Saya ingin Musda hari ini di KNPI atau ormas apapun di Kabupaten Probolinggo ini heboh dan ramai pada pembahasan program kerja dan implementasinya. Program kerja tidak usah banyak-banyak, sederhanakan saja namun berkualitas, karena masyarakat hari ini tidak butuh opini namun butuh realita dalam program kerja itu,” tandasnya.

Sementara Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto dalam sambutannya menuturkan bahwa siapapun yang nanti terpilih menjadi Ketua DPD KNPI Kabupaten Probolinggo nantinya diharapkan dapat membuat perubahan terhadap kegiatan kepemudaan serta dapat menjadi motor penggerak bagi organisasi kepemudaan lainnya untuk berperan aktif dalam pembangunan di Kabupaten Probolinggo.

“Pembangunan karakter adalah yang paling penting saat ini. Seperti yang kita lihat maraknya persoalan yang terjadi di tengah masyarakat adalah karena kurangnya akhlak dan budi pekerti. Saya berharap program kerja yang akan disusun serta kelengkapan struktur organisasi kepengurusan DPD KNPI Kabupaten Probolinggo harus semakin kuat, mantap serta memiliki perencanaan yang matang,” pungkasnya.(dra)