Friday, September 17, 2021
Depan > Pemerintahan > Bupati Tantri Teken Perjanjian Kontrak Dalam PEN 2021

Bupati Tantri Teken Perjanjian Kontrak Dalam PEN 2021

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berkesempatan memperoleh pinjaman dana untuk mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Perjanjian pinjaman daerah dilakukan secara virtual oleh Pemkab Probolinggo dengan PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Persero, Jum’at (27/8/2021) pagi di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo.

Penandatangan (teken) perjanjian kontrak dengan PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Persero dilakukan oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE disaksikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Pinjaman PEN Pemerintah Daerah menjadi alternatif pembiayaan bagi daerah dalam mendanai kegiatan-kegiatan prioritasnya terutama dalam menangani dampak pandemi Covid-19. Pemerintah memberikan batasan penjaminan pinjaman kredit bagi korporasi dan pemberian pinjaman PEN daerah untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional dan daerah.

Program pemberian pinjaman untuk daerah melalui PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Persero dalam mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akan diterima oleh tiga daerah. Diantaranya Kabupaten Probolinggo, Kota Blitung dan Sulawesi Utara. Sedangkan Kabupaten Probolinggo baru pertama kali memperoleh pinjaman untuk mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Direktur Utama PT. SMI Edwin Syahruzad menjelaskan program pemberian pinjaman daerah fokus mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Kabupaten Probolinggo dengan jumlah dana yang disetujuinya sebesar Rp 76.500.847.409,00. Dana tersebut digunakan untuk kebutuhan penanganan infrastruktur jalan, penanganan infrastruktur SDA, penanganan air bersih dan Sanitasi.

“Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dan tim teknis melakukan proses atas permohonan dari Gubernur, Bupati maupun Walikota dan menindaklanjuti sektor yang menjadi prioritas pinjaman sebagaimana tiga daerah tersebut,” ujarnya.

Sementara Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menyampaikan kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk mendapatkan sumber dana alternatif pengganti program dan kegiatan pembangunan bidang infrastruktur tahun 2021 yang tertunda akibat pandemi Covid-19.

“Tentunya saya menyampaikan ungkapan terima kasih kepada PT. SMI Persero atas upaya dan kerjasamanya serta kepercayaan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk mendukung pemulihan ekonomi daerah. Khususnya mendukung berkelanjutan serta penyelesaian kegiatan pembangunan bidang infrastruktur,” katanya. (y0n)