Depan > Pemerintahan > Polres Probolinggo Gelar Rakor Operasi Ketupat Semeru 2022

Polres Probolinggo Gelar Rakor Operasi Ketupat Semeru 2022

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – Polres Probolinggo menggelar rapat koordinasi (rakor) Operasi Ketupat Semeru 2022 dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah di wilayah hukum Polres Probolinggo, Senin (25/4/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Mapolres Probolinggo ini dihadiri oleh Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, Pasi Ops Kodim 0820 Probolinggo Letda Inf Isnaini dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo Taufik Alami serta pejabat utama Polres Probolinggo dan stakeholder terkait di Kabupaten Probolinggo.

Rakor Operasi Ketupat Semeru 2022 ini bertujuan dalam rangka untuk menyamakan persepsi terkait pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah dan menentukan cara bertindak yang tepat untuk menjaga stabilitas kamtibmas maupun kamseltibcarlantas yang aman dan kondusif serta mewujudkan mudik lebaran yang aman dan sehat.

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk koordinasi dan kerjasama antar instansi terkait serta sebagai bahan evaluasi dalam mengatasi berbagai kendala dan kekurangan saat masyarakat melaksanakan mudik lebaran.

“Kita perlu mengantisipasi berbagai kendala yang dialami pemudik terutama kemacetan mengingat Kabupaten Probolinggo ini tepatnya di exit tol Leces merupakan jalur jalan tol terakhir Pulau Jawa bagian timur yang mengarah baik ke Lumajang, Jember maupun Banyuwangi,” katanya.

Menurut Kapolres, adapun kendala lain yang perlu diantisipasi Polres Probolinggo diantaranya kondisi lelah para pengendara ketika mudik sehingga rawan terjadi kecelakaan. Oleh karena itu telah disiapkan Pos Pelayanan yang berada di Leces dan dua Pos Pengamanan di PLTU Paiton dan Kraksaan.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar beristirahat di Pos Pelayanan yang telah disediakan bila kondisi tubuh sudah dirasa lelah. Kami juga menyiapkan gerai vaksinasi di masing-masing pos pelayanan dan pengamanan agar bisa melayani masyarakat vaksinasi gratis,” jelasnya.

Lebih lanjut Kapolres menambahkan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) selama mudik lebaran 2022 agar tidak terjadi klaster baru pasca mudik lebaran nanti.

Dalam pengamanan mudik yang dimulai sejak 22 April 2022 hingga puncak arus balik pada 9 Mei 2022, Polres Probolinggo menerjunkan 150 personil dan dibantu instansi terkait yang menerjunkan 104 personil. (wan)