Tuesday, October 26, 2021
Depan > Pemerintahan > Bakorwil V Jember dan Diskominfo Jatim Monitoring Pelayanan MPP Kabupaten Probolinggo

Bakorwil V Jember dan Diskominfo Jatim Monitoring Pelayanan MPP Kabupaten Probolinggo

Reporter : Mujiono
DRINGU – Dalam rangka meningkatkan inovasi pelayanan publik, Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) V Jember melakukan kunjungan monitoring dan pembelajaran pelayanan public di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Probolinggo, Senin (25/1/2021) siang.

Rombongan ini dipimpin oleh Kepala Bakorwil V Jember R. Tjahjo Widodo dan Kepala Bidang Informasi Publik Diskominfo Provinsi Jawa Timur Rudy Prasetya. Kedatangannya bertujuan ingin belajar lebih lanjut tentang inovasi-inovasi di MPP Kabupaten Probolinggo.

Kehadiran tim tersebut disambut baik Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Probolinggo Kristiana Ruliani dan Sekretaris DPMPTSP Kabupaten Probolinggo Mochamad Heru Santoso.

MPP Kabupaten Probolinggo menjadi salah satu jujukan atau sasaran sebagai percontohan di MPP daerah lain pada umumnya. Hal ini salah satunya dikarenakan DPMPTSP Kabupaten Probolinggo memperoleh penghargaan Zona Integritas dengan kategori Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI pada bulan Desember 2020.

Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Terpadu DPMPTSP Kabupaten Probolinggo Saiful Farid Cahyonobhakti dalam paparannya menyatakan terdapat 6 (enam) program inovasi pelayanan publik di tahun 2019 dan 2020. Yaitu, Sipinter OSS (Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Terintegrasi OSS), Siti Memuja Hati (Sistem Perizinan Terintegrasi untuk Masyarakat Sejahtera dengan Hangat, Amanah, Transparan dan Inovatif) dan juga Pelita Hati (Pelayanan Izin Ditempat dengan Hangat, Amanah, Transparan dan Inovatif).

Selanjutnya Pasti Prospect (Pelayanan Aerial Survey Investasi dan Project Prospectus dan Si Manis Nona (Sistem Monev Berbasis Titik Koordinat Usaha) dan Si Dul Terima Kawin Sah (Sistem Pengaduan Online Terintegrasi Melalui Kanal Website dan Instagram dengan Sabar serta Harmonis.

Sementara Kepala DPMPTSP Kabupaten Probolinggo Kristiana Ruliani menyampaikan dari enam Program Inovasi Pelayanan Publik yang sudah berjalan dengan baik diharapkan dapat membantu dan mempermudah sistem pelayanannya.

“Perlu kami informasikan bahwa Program Inovasi Pelayanan Publik MPP Kabupaten Probolinggo terbaru dan akan dilaksanakan pada tahun 2021 yakni Labuan Hati atau Layanan Langsung Bawa Pulang Izin dengan Hangat, Amanah, Transparan dan Inovatif,” katanya.

Sedangkan Kepala Bakorwil V Jember R. Tjahjo Widodo menjelaskan, Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Probolinggo memberikan pelayanan yang baik, cepat dan memberikan pelayanan secara gratis. “Program inovasi pelayanan publik Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Probolinggo sebuah potensial dan nominasi untuk dijadikan percontohan dan motivasi bagi MPP daerah lain,” ungkapnya.

Menurut Tjahjo, Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur dan Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur akan membuat paket wisata edukasi. Disamping tempat wisata yang bisa dikunjungi, namun tempat-tempat publik yang bisa digunakan untuk pembelajaran.

“Kecepatan dan kenyamanan pelayanan yang diberikan MPP Kabupaten Probolinggo sangat layak untuk dipublikasikan agar diketahui dan dicontoh oleh masyarakat. Sangat tepat jika MPP Kabupaten Probolinggo direncanakan menjadi salah satu tujuan wisata edukasi,” terangnya.

Kabid Informasi Publik Diskominfo Provinsi Jawa Timur Rudy Prasetya menyampaikan setelah melihat langsung tiap-tiap ruang pelayanan MPP Kabupaten Probolinggo terdapat penataan yang baik fasilitasnya dan melayani dengan prima.

“Terbukti saat Kepala Bakorwil V R. Tjahjo Widodo melakukan perpanjangan paspor. Proses cepat dan mudah dalam pengurusannya. Ini sungguh luar biasa memiliki pelayanan cepat disertai dengan fasilitas lengkap,” katanya. (y0n)