Sunday, May 19, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Pj. Ketua TP. PKK Ikuti Kegiatan Gertam Cabai

Pj. Ketua TP. PKK Ikuti Kegiatan Gertam Cabai

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo mengikuti kegiatan Gerakan Tanam (Gertam) Cabai secara serentak melalui daring dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52, Senin (4/3/2024) di depan Kantor PKK Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan Gertam Cabai pada Hari Kesatuan Gerak PKK yang digelar oleh TP PKK Pusat ini diikuti oleh PJ ketua TP. PKK Kabupaten Probolinggo Rita Erik Ugas Irwanto beserta pengurus Pokja III TP. PKK Kabupaten Probolinggo melalui aplikasi zoom.

Pada peringatan HKG-PKK tanam cabai ini juga secara serentak dilakukan pada TP. PKK Provinsi Jawa Timur serta TP. PKK Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Dimana salah satunya adalah Pokja III TP. PKK Kabupaten Probolinggo yang menangani masalah pengelola program pangan, sandang, perumahan tata laksana rumah tangga.

Gertam Cabai se-Indonesia ini dibuka secara resmi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Wury Estu Handayani Ma’ruf Amin didampingi oleh Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian. Dimana tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan mengendalikan atau menekan adanya inflasi.

Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Rita Erik Ugas Irwanto mengatakan, Pemerintah pusat melalui TP. PKK Pusat telah mencanangkan gerakan tanam cabai ini memiliki manfaat yang luar biasa. “Jadi, para ibu ibu rumah tangga dapat melakukan tanam cabai di lahan rumahnya sebagai pemenuhan kebutuhan sehari-hari,” katanya.

Menurutnya, gerakan tanam cabai oleh TP PKK Pemerintah Pusat, TP PKK Kabupaten/Kota sampai TP PKK tingkat Desa merupakan langkah yang efektif dilakukan untuk membantu pemerintah dalam rangka mengendalikan harga komoditas-komoditas seperti cabai. Dengan terkendalinya harga di pasar dapat membantu mengendalikan inflasi terutama di Kabupaten Probolinggo.

“Harapannya, para kader Tim Penggerak PKK tingkat kecamatan maupun Tim Penggerak PKK tingkat desa untuk menggalakkan tanam cabai dan sebagai role model bagi masyarakat yang nantinya hasil tanam cabai ini dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga,” pungkasnya. (y0n)