Depan > Kemasyarakatan > Peringati HUT ke-77 Kemerdekaan RI, DWP Gelar Beragam Lomba

Peringati HUT ke-77 Kemerdekaan RI, DWP Gelar Beragam Lomba

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Probolinggo menggelar beragam lomba di halaman Pendopo Prasadja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo, Rabu (24/8/2022).

Lomba-lomba tersebut diantaranya lomba lari jepit terong, lomba lari balon dan lomba pasang sarung. Lomba-lomba ini diikuti oleh Ketua DWP OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan yang diawali dengan senam sehat bersama sekitar pukul 06.00 WIB ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko selaku Penasehat DWP Kabupaten Probolinggo dan Ketua DWP Kabupaten Probolinggo Hj. Sudjilawati Soeparwiyono.

Penasehat DWP Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko menyambut baik beragam lomba yang digagas oleh DWP Kabupaten Probolinggo dalam rangka untuk memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

“Harapan saya mudah-mudahan dengan lomba ini nantinya kita bisa semakin menambah keakraban diantara sesama pengurus Dharma Wanita Persatuan di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Istri Plt Bupati Probolinggo ini menerangkan lomba-lomba ini digelar supaya pengurus DWP di Kabupaten Probolinggo bisa bergembira bersama-sama untuk menghibur diri setelah penat melakukan aktifitas sehari-hari baik yang bekerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo maupun ibu-ibu rumah tangga yang setiap hari berkecimpung di dapur.

“Marilah hari ini kita bergembira bersama-sama melupakan sejenak rutinitas yang kita lakukan sehari-hari. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa semakin mempererat ikatan silaturahim diantara pengurus Dharma Wanita Persatuan dan diridhoi oleh Allah SWT,” harapnya.

Lomba ini diawali dengan lomba lari jepit terong yang masing-masing kelompok diikuti oleh 3 (tiga) orang. Keseruan terjadi ketika ibu-ibu mulai menjepit terong kemudian berlari untuk memindahkan ke rekan satu kelompoknya hingga sampai garis finish. Bahkan dari semangatnya, ada beberapa peserta yang sampai terjatuh. Adapula belum sampai finish, terongnya sudah terjatuh.

Keseruan juga terjadi pada lomba balap balon. Beranggotakan masing-masing 4 (empat) orang, mereka berlari dengan menempelkan balon diantara punggung dan dada. Kekompakan dibutuhkan supaya balonnya tidak terjatuh hingga garis finish. Sebab balon tersebut tidak boleh dipegang.

Awalnya orang pertama berlari mengambil balon kemudian menuju rekan kedua di garis start. Selanjutnya mereka berdua berlari dengan balon berada diantaranya untuk mengambil balon kedua. Begitu seterusnya hingga orang keempat hingga menuju garis finish.

Tidak kalah seru terlihat pada lomba pasang sarung. Pasalnya sebelum orang kelima berlari menuju ke garis finish sambil menjepit 3 balon, kelompok yang beranggotakan 5 orang ini harus memasang sarung secara berantai dari orang pertama hingga orang kelima. Menariknya sambil memasang sarung, tangan mereka saling bergandengan. Artinya, sarung tersebut terpasang dari orang pertama hingga kelima tanpa harus dipegang.

Secara keseluruhan, lomba-lomba tersebut mampu menghibur seluruh pengurus DWP yang hadir di tempat tersebut. Apalagi dipandu oleh sang MC A’at Kardono yang terus membakar semangat ibu-ibu disertai dengan joke-joke lucu yang semakin mengundang gelak tawa.

Dari hasil rangkaian lomba tersebut, untuk lomba lari jepit terong juara 1 diraih kelompok DWP Kecamatan Bantaran, Sekretariat DPRD dan RSUD Waluyo Jati Kraksaan, juara 2 diraih kelompok DWP BKPSDM, Satpol PP dan BPPKAD dan juara 3 diraih kelompok DWP Bakesbangpol, Dinas Perkim dan DPMD.

Selanjutnya untuk lomba balap balon, juara 1 diraih kelompok DWP Bakesbangpol, BPPKAD, DKUPP dan Kecamatan Pajarakan, juara 2 diraih kelompok DWP Bagian Umum, RSUD Tongas, RSUD Waluyo Jati Kraksaan dan DPMD dan juara 3 diraih kelompok DWP Kecamatan Paiton, PDAM dan Kecamatan Krejengan.

Kemudian untuk lomba pasang sarung, juara 1 diraih kelompok DWP Bagian Umum, RSUD Tongas, Kecamatan Tegalsiwalan, DLH dan Kecamatan Lumbang, juara 2 diraih kelompok Penasehat DWP Kabupaten Probolinggo, Kecamatan Bantaran, Bagian Kesra, Bagian Pemerintahan dan DPUPR dan juara 3 diraih kelompok DWP Bapelitbangda, BKPSDM, Dinas Kesehatan, DPMD dan Satpol PP.

Untuk juara 1, 2 dan 3 masing-masing lomba mendapatkan hadiah yang diserahkan oleh Penasehat DWP Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko dan Ketua DWP Kabupaten Probolinggo Hj. Sudjilawati Soeparwiyono. (wan)