Tuesday, February 27, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Peringati Harlah ke-101 NU, PCNU Kota Kraksaan Gelar Ziarah ke Maqbaroh Pengurus NU

Peringati Harlah ke-101 NU, PCNU Kota Kraksaan Gelar Ziarah ke Maqbaroh Pengurus NU

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-101 Nahdlatul Ulama (NU), Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kraksaan menggelar ziarah ke maqbaroh pendiri dan pengurus NU Kota Kraksaan dari masa ke masa, Kamis (8/2/2024).

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 350 orang terdiri dari pengurus cabang, MWCNU, Sebagian ranting, lembaga dan badan otonom (banom) se-PCNU Kota Kraksaan. Ziarah ini dibagi menjadi 2 (dua) zona yaitu zona timur dan zona barat.

“Alhamdulillah, dalam rangka menyambut Harlah ke-101 NU, PCNU Kota Kraksaan melakukan napak tilas perjuangan dari para pengurus cabang dari masa ke masa,” kata Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Kraksaan H Ahmad Muzammil.

Zona timur dimulai dari Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton hingga berakhir di maqbaroh Al Arifbillah KH Moh Hasan Genggong dengan total sebanyak 14 maqbaroh. Sementara untuk zona barat diawali dari almarhum KH Abd. Rasid di wilayah Kecamatan Gending hingga berakhir di maqbaroh Al Arifbillah KH Moh Hasan Genggong dengan total sebanyak 13 maqbaroh.

Menurut Muzammil, ziarah ini dilakukan pada beberapa pengurus cabang diantaranya KH. Zaini Mun’im, KH. Abdul Wahid Zaini, KH. M. Faqih Zawawi, KH. Hasan Abdul Wafi, KH. Abdullah Abu Hasan, KH. As’ad Abu Hasan, KH. Hasyim Mino, KH. Abdul Latif, KH. Z. Syamsudin, KH. Zakiyuddin, H. Moh. Kholil, KH. Zainuddin Abbas, KH. Aminuddin Zain, KH. Ahmad Baidowi, KH. Ali Wafa Baidowi, KH. Badri Masduqi, KH. Shihabuddin Sholeh, Sayyid Hamid Bin Syech Al Habsyi, KH. Subhan Mawardi, KH. Ahmad Suja’i Syafi’i, KH. Cholili, KH. Rofi’i Abd Karim, KH. Ihya’ Ulumudin, KH. Moh. Hasan Genggong dan KH. Moh. Hasan Saiful Ridzal.

“Napak tilas berupa ziarah ke beberapa maqbaroh ini bertujuan untuk memotivasi ghiroh perjuangan para pengurus NU yang ada pada saat ini untuk melaksanakan program yang ada,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini Muzammil berharap semua peserta ziarah mendapatkan barokah dari para ulama yang diziarahi. Program ini diharapkan menjadi tauladan dari para pengurus agar diistiqomahkan kepada generasi penerus dan mempraktekkan serta menjaga amaliyah Ahlussunah wal Jamaah an Nahdhiyah.

“Selesai ziarah di titik terakhir di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, dilanjutkan silaturahim dengan salah satu pengasuh yang diwakili oleh KH. Hasan Ahsan Malik,” pungkasnya. (wan)