Tuesday, May 21, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Peraih Perunggu SEA Games 2023 Motivasi Atlit Bola Voli Porprov 2023

Peraih Perunggu SEA Games 2023 Motivasi Atlit Bola Voli Porprov 2023

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Yulis Indahyani sukses meraih medali perunggu ketika memperkuat tim nasional bola voli Indonesia di ajang SEA Games 2023 di Kamboja. Kini ia pun memberikan motivasi kepada para atlit Kabupaten Probolinggo yang akan turun dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur tahun 2023.

Warga Perum Kalirejo Blok A RT 004 RW 004 Desa Kalirejo Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo ini menyapa atlit bola voli Kabupaten Probolinggo yang sedang berlaih di lapangan bola voli Kompleks Diklat Kabupaten Probolinggo, Jum’at (26/5/2023).

Perempuan kelahiran Banyuwangi tanggal 2 Maret 1990 ini menginginkan agar atlit khususnya bola voli Kabupaten Probolinggo bisa meraih prestasi di Porprov Jawa Timur tahun 2023.

“Buat atlit yang akan turun dalam Porprov 2023, motivasinya sih semangat terus latihan dan jangan merasa cepat puas. Gapai terus impian dan harus mau latihan capek. Semua butuh proses dan butuh perjuangan sampai di titik seperti aku sekarang,” katanya.

Istri dari Luluk Sugiarto (jabrik) ini mengaku bahwa kunci suksesnya menjadi seorang pemain bola voli hingga bisa memperkuat Indonesia adalah ketekunan dalam berlatih, tidak mudah menyerah dan bermental yang kuat.

“Saya menggeluti olahraga bola voli ini sejak SD kelas 5. Awal-awal sih cuma sekedar olahraga. Terus lama-lama kok enak, banyak temannya dan dapat kesempatan keliling Indonesia bahkan ke luar negeri dengan gratis. Sekarang menjadi hobi yang dibayar,” jelasnya.

Anak ketiga dari tiga bersaudara pasangan Marsidi dan Atijah ini mengaku orang yang paling besar memberikan motivasi agar terus menggeluti olahraga bola voli ini adalah kedua orang tuanya. Pesan yang diingatnya hingga saat ini jangan cepat puas dan jangan sombong.

“Awal-awal saya menekuni olahraga bola voli ini senang, banyak teman dan dikenal orang. Sebagai seorang atlit pastinya pernah cidera. Cidera paling parah yang saya alami adalah cidera lutut dan angkle,” terangnya.

Meskipun sempat mengalami cidera parah, pemain yang saat ini memperkuat Bank BJB ini mengaku sangat optimis untuk sembuh. Sebab ia mendapatkan semangat dari suami, anak dan teman-temannya. “Alhamdulillah, semuanya memberikan support semangat agar bisa segera pulih dari cidera dan bisa bermain lagi,” ujarnya.

Selain SEA Games, pemain yang berposisi sebagai libero ini mengaku pernah turun dalam sejumlah pertandingan internasional. Seperti Asian Games 2018, Grand Prix 2019 dan 2022 di Thailand. Semua turnamen sangat berkesan karena setiap pertandingan memiliki kesan yang berbeda-beda setiap tahunnya.

“Sebagai orang tua saya mempunyai keinginan supaya anak saya menjadi atlit. Sebab di olahraga sekarang bisa menjadi batu loncatan untuk mendapatkan pekerjaan. Hanya saja sampai saat ini saya masih belum kepikiran untuk menjadi pelatih,” tegasnya.

Kepada atlit yang akan turun di Porprov Jatim 2023, Indah berpesan agar tetap semangat dan tidak mudah menyerah. Harus mempunyai mental yang kuat dan jangan cepat puas. “Setiap akan turun dalam pertandingan, lakukan persiapan semaksimal mungkin. Kalau kebiasaan saya setiap mau bertanding biasanya dengerin sholawatan. Hitung-hitung bisa bisa menghilangkan rasa nervous,” pungkasnya. (wan)