Monday, September 27, 2021
Depan > Pemerintahan > Pemkab Siapkan Bansos Covid-19 Bagi Warga Terdampak PPKM

Pemkab Siapkan Bansos Covid-19 Bagi Warga Terdampak PPKM

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Sosial (Dinsos) telah menyiapkan bantuan sosial (bansos) Covid-19 bagi warga Kabupaten Probolinggo yang terdampak penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Bansos yang dianggarkan dari APBD Kabupaten Probolinggo akan disalurkan kepada 20.000 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang merupakan pekerja sektoral yang terdampak penerapan PPKM di Kabupaten Probolinggo.

Nantinya bansos Covid-19 ini akan diberikan dalam bentuk paket sembako senilai Rp 100.000 per KPM terdiri dari beras 5 kg, telur 10 butir, gula 1 kg dan minyak goreng 1 liter.

“Launching untuk penyaluran bansos Covid-19 ini sudah dilakukan Sabtu tanggal 24 Juli 2021 kemarin di Kecamatan Tiris dan Krucil bagi sebanyak 50 pelaku pariwisata terdampak penerapan PPKM,” kata Kepala Dinsos Kabupaten Probolinggo Achmad Arif.

Menurut Arif, mekanisme pendataan penerima bantuan sosial ini berasal dari data 7 satuan kerja sektoral terdampak PPKM dan data hasil verval (verifikasi dan validasi) non bansos.

“Untuk penyaluran bantuan sosial ini dilakukan melalui Bulog sebagai penyedia yang ditunjuk mengirimkan paket sembako melalui satuan kerja sektoral yang mengusulkan,” jelasnya.

Arif menerangkan bahwa bansos Covid-19 ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak penerapan PPKM. “Harapan kami agar masyarakat dapat memanfaatkan bantuan ini sebaik mungkin di saat penerapan PPKM di Kabupaten Probolinggo,” harapnya. (wan)