Depan > Pemerintahan > Plt Bupati Timbul Kukuhkan 70 Peserta Paskibraka

Plt Bupati Timbul Kukuhkan 70 Peserta Paskibraka

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Jelang pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengukuhkan 70 orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Probolinggo, Senin (15/8/2022) di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, Asisten Pemerintahan dan Kesra Heri Sulistyanto, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Ugas Irwanto serta Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Diskopar) Sugeng Wiyanto.

Pengukuhan 70 peserta Paskibraka ini ditandai dengan pemasangan kendit secara simbolis kepada dua orang. Yakni, Faisal Ramadani dari SMAN 1 Sukapura dan Ulik Cintia Rahmadani dari SMA Taruna Leces.

Setelah dikukuhkan, Plt Bupati Timbul selaku inspektur upacara beserta Sekda Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono dan OPD terkait memberikan ucapan selamat kepada para peserta Paskibraka tingkat Kabupaten Probolinggo.

Disela-sela kegiatan tersebut diserahkannya bendera merah putih secara gratis kepada PCNU Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan, PC Muslimat NU Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan, PC Fatayat NU Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan serta PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan.

Bendera merah putih juga diserahkan kepada FKUB dan KNPI Kabupaten Probolinggo, Karang Taruna Kabupaten Probolinggo, IPNU dan IPPNU Kota Kraksaan maupun Kabupaten Probolinggo, FKPPI Kabupaten Probolinggo dan HMI Kabupaten Probolinggo.

Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menjelaskan anggota Paskibraka Kabupaten Probolinggo adalah putra dan putri pilihan untuk menjalankan tugas yang berat namun sangatlah mulia. Sebagai anggota Paskibraka harus menunjukkan sikap rela berkorban, meluangkan waktu dan tenaga untuk menjadi pasukan pengibar bendera.

“Petugas Paskibraka harus mewujudkan dharma bhakti kepada bangsa dan negara. Sebagaimana para pahlawan kita yang rela berkorban jiwa dan raganya demi kemerdekaan bangs dan negara. Jiwa nasionalisme, patriotisme dan kepemimpinan yang terbentuk harus mampu dijaga dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya. (y0n)