Sunday, September 26, 2021
Depan > Informasi Layak Anak > Kabupaten Probolinggo Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak

Kabupaten Probolinggo Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Kabupaten Probolinggo kembali meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Pratama tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia.

Penghargaan yang diserahkan secara virtual oleh Menteri PPPA RI I Gusti Ayu Bintang Darmawanti ini diikuti oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE di Pendopo Prasadja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo, Kamis (29/7/2021).

Turut mendampingi Bupati Tantri dalam kesempatan tersebut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Probolinggo Santiyono dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto.

Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) tahun 2021 ini diberikan kepada 275 kabupaten/kota se-Indonesia. KLA merupakan sebuah sistem yang dibangun untuk menjamin semua anak terpenuhi hak-haknya dan terlindungi.

Menteri PPPA RI I Gusti Ayu Bintang Darmawanti menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan KLA. Meskipun tahun 2020 sempat ditunda akibat pandemi Covid-19.

“Baru di tahun 2021 ini Kementerian PPPA Republik Indonesia kembali melakukan evaluasi pelaksanaan Kabupaten/Kota Layak Anak. Tahun telah terjadi peningkatan jumlah daerah yang memperoleh penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA),” ujarnya.

Bintang Darmawanti menerangkan penghargaan KLA diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak melalui proses evaluasi yang dilakukan oleh tim Kementerian PPPA, tim kementerian/lembaga dan tim independen.

“Sebuah komitmen lintas sektor menjadi sangat esensial dan menjadi syarat terpenuhinya hak dan perlindungan khusus anak mengingat isu-isu yang melingkupi anak sangat kompleks dan multisektoral,” tegasnya.

Sementara Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua Perangkat Daerah yang telah terlibat dan bekerja keras dalam mewujudkan Kabupaten Probolinggo menjadi Kabupaten Layak Anak. (y0n)