Depan > Pemerintahan > Pemkab-PT POMI Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Industri

Pemkab-PT POMI Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Industri

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dan PT POMI-Paiton Energy menjajaki kerjasama pemanfaatan limbah industri dan pemanfaatan energi terbarukan untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Probolinggo.

Rencana kerjasama tersebut diawali dengan kunjungan Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko ke PT POMI-Paiton Energy, Selasa (22/3/2022) siang. Kedatangannya disambut oleh President Director PT POMI-Paiton Energy Sugiyanto bersama Manager CSR, Facilities & Security (CFS) PT POMI-Paiton Energy Bambang Jiwantoro dan segenap jajaran direksi di Administration Building PT POMI-Paiton Energy.

Turut mendampingi Plt Bupati Timbul, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari, Kepala Bappeda Santiyono, Kepala DLH Dwijoko Nurjayadi, Kabag Hukum Priyo Siswoyo, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan serta Sekretaris Satpol PP Bambang Heriwahjudi.

Usai melakukan diskusi dengan segenap jajaran direksi, Plt Bupati Timbul dan President Director PT POMI-Paiton Energy Sugiyanto bersama rombongan melakukan kunjungan dan melihat dari dekat operasional pembangkit turbin unit 3 dan area Disposal untuk melihat dari dekat proses produksi fly ash bottom ash berupa pembuatan paving dan batako memanfaatkan limbah industri PT POMI-Paiton Energy.

Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengatakan kunjungan ini dilakukan dalam rangka untuk menjajaki kerja sama pemanfaatan limbah industri di PT POMI-Paiton Energy untuk kepentingan bersama masyarakat.

“Saya memohon juga kepada PT POMI-Paiton Energy untuk bisa lebih meningkatkan partisipasi dalam pembangunan di Kabupaten Probolinggo. Seperti tagline kita adalah membangun daerah dengan potensi yang kita miliki. Jadi potensi yang ada di Kabupaten Probolinggo kita maksimalkan dalam rangka untuk memajukan Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Dari hasil kunjungan ini jelas Plt Bupati Timbul nanti secara teknis supaya bisa ditindaklanjuti Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk pemanfaatannya. Selain itu bagaimana ada kerja sama pemanfaatan energi terbarukan sehingga nanti daerah-daerah yang masih belum bisa tersentuh aliran listrik nanti bisa ada aliran listrik melalui energi terbarukan.

“Harapan saya seluruh potensi yang ada di Kabupaten Probolinggo bukan hanya PT POMI-Paiton Energy saja tetapi seluruh perusahaan yang bekerja di Kabupaten Probolinggo juga berpartisipasi dalam rangka bersama-sama untuk membangun Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Sementara President Director PT POMI-Paiton Energy Sugiyanto mengungkapkan selain untuk silaturahim pertemuan antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dengan PT POMI-Paiton Energy ini dilakukan untuk menjajaki kemungkinan kerja sama.

“Dalam artian kita sebagai bagian dari anggota Kabupaten Probolinggo, PT POMI-Paiton Energy siap untuk bekerja sama. Salah satunya adalah pemanfaatan dari hasil produksi listrik dan hasil samping yaitu fly ash bottom ash yang saat ini sedang kita coba manfaatkan sebagai produk olahan berupa paving dan batako,” ujarnya.

Menurut Sugiyanto, hasil dari paving dan batako ini bisa digunakan nanti ke masyarakat. Memang perijinan saat ini setelah fly ash bottom ash keluar dari status limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

“Saya kira ini adalah peluang yang sangat baik untuk kita manfaatkan misalnya untuk paving dan batako agar nanti bisa membantu masyarakat membangun rumah-rumah yang mungkin barangkali pada kesempatan berikutnya,” terangnya.

Terkait dengan rencana ke depan untuk kerja sama lebih lanjut tentang energi terbarukan misalnya mikrohidro di beberapa tempat, Sugiyanto menerangkan pihaknya sudah berhasil mengimplementasikan di tiga lokasi mulai dari Desa Ngepung, Desa Guyangan dan Kali Pedati.

“Kami sudah punya modal dan pengalaman itu. Saya yakin disini potensi mikrohidro masih sangat banyak dan ini tentunya akan bisa mendorong untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan, khususnya masyarakat yang barangkali saat ini belum teraliri listrik, terutama di daerah-daerah terpencil,” tegasnya.

Sugiyanto menambahkan kerja sama yang sangat mungkin bisa direalisasikan adalah bentuk-bentuk CSR (Corporate Social Responsibility) yang diprogramkan nanti bisa diwujudkan yang tepat sasaran sesuai dengan arahan dari Pemkab Probolinggo.

“Alhamdulllah dengan kunjungan ini akan memperbaiki dan mempererat tali silaturahim diantara Pemerintah Kabupaten Probolinggo dengan PT POMI-Paiton Energy sebagai bagian dari masyarakat Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)