Depan > Kemasyarakatan > Disperindag Pantau Stok dan Harga Minyak Goreng Kemasan dan Curah

Disperindag Pantau Stok dan Harga Minyak Goreng Kemasan dan Curah

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) telah melaksanakan pemantauan stok dan harga untuk minyak goreng kemasan dan minyak goreng curah baik di pasar rakyat maupun swalayan yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Plt Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Moh. Natsir mengatakan pemantauan ini dilakukan dalam rangka untuk menindaklanjuti arahan pemerintah terkait kebijakan harga minyak goreng kemasan berdasarkan keekonomian dan HET (Harga Eceran Tertinggi) minyak goreng curah sebesar Rp 14.000 per liter atau Rp 15.500 per kilogram.

“Dari hasil pemantauan tersebut kami mengambil kesimpulan bahwa minyak goreng kemasan saat ini berangsur-angsur stok sudah tercukupi kisaran harga Rp 21.000 hingga Rp 25.000 per liter tergantung jenis dan merk. Sementara minyak goreng curah saat ini stok masih kurang dan harga masih diatas HET kisaran Rp 16.000 hingga Rp 18.000 per liter,” katanya.

Menurut Natsir, saat ini Pemkab Probolinggo telah melakukan koordinasi dengan Disperindag Provinsi Jawa Timur terkait pelaksanaan operasi pasar. “Dari koordinasi tersebut maka kami akan melaksanakan operasi pasar pada tanggal 10 hingga 12 Mei 2022 di Pasar Dringu, Pasar Leces dan Pasar Semampir dengan kapasitas 18.000 kilogram dengan rincian masing-masing pasar sebanyak 6.000 kilogram,” jelasnya.

Natsir mengharapkan kebijakan harga ini bisa mengurangi kelangkaan minyak goreng di masyarakat dan UMKM yang semula menggunakan minyak goreng curah dapat sedikit tercukupi.

“Kita menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo untuk tetap tenang tidak panik. Terkait dengan kondisi minyak goreng di Kabupaten Probolinggo saat ini, mari kita bantu Pemerintah menstabilkan harga minyak goreng dengan tidak melakukan upaya penimbunan maupun panik buying,” tambahnya.

“OPD terkait di Kabupaten Probolinggo bekerja keras melakukan upaya pemantauan dan pengendalian harga minyak goreng serta pihak aparat kepolisian melalui Satgas Pangan tetap melakukan upaya pengawasan distribusi dan pencegahan penimbunan minyak goreng di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)

https://probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2019/01/slotmaxwin/ https://bali.bawaslu.go.id/assets/artikel/slotgacormaxwin/ https://slot.papuabaratprov.go.id https://www.rtpharmoni.id/ slot pulsa slot slot online slot88