Depan > Pemerintahan > Pemkab Ikuti Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Secara Virtual

Pemkab Ikuti Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Secara Virtual

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mengikuti desk evaluasi pembangunan Zona Integritas (ZI) tahun anggaran 2020 melalui via zoom, Kamis (12/11/2020) pagi di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo.

Acara desk evaluasi pembangunan Zona Integritas (ZI) melalui via zoom dengan tim dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) RI ini dihadiri oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE didampingi Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, Inspektur Kabupaten Probolinggo Sigit Sumarsono dan segenap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Paparan terhadap pelaksanaan pembangunan ZI menuju Wilayah Bersih dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) ini dilaksanakan secara virtual kepada Tim Kemen PAN dan RB RI diwakili RB Dra. Hatni didampingi Rieza dari Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian. Evaluator Men PAN dan RB lainnya untuk PMPTSP diterima oleh Salsa dan Gita.

Terdapat empat unit kerja pembangunan ZI menuju WBK diantaranya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kecamatan Dringu dan Puskesmas Sumberasih dengan prasyarat antara lain, memperoleh Opini BPK WTP ke tujuh kali, nilai AKIP minimal C, merupakan unit strategis dalam pelayanan publik, tingkat keberhasilan RB cukup baik, sumber daya yang dikelola cukup besar dan LHKPN dan LHKASN 100 %.

Tahap pembangunan dilakukan dengan cara membangun dan membina (sosialisasi dan pendampingan) kurang lebih selama 1 tahun secara intens kepada unit kerja guna pemenuhan unsur diantaranya, komponen pengungkit sebesar 60% (terdiri atas manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan dan penguatan akuntabilitas kinerja dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Di sela-sela acara desk evaluasi pembangunan Zona Integritas (ZI) tersebut, Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE memberikan support dan semangat kepada tiga unit kerja Kabupaten Probolinggo selain Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang telah berupaya melaksanakan pembangunan Zona Integritas (ZI) tahun anggaran 2020.

“Tanpa inovasi dan kreatifitas di era deskripsi ini, kita tidak akan mampu memberikan layanan dan jawaban atas seluruh permasalahan masyarakat. Dari proses pembentukan inisiasi, inovasi dan kreatifitas menambah suatu hal lagi yaitu Zona Integritas untuk menuju Wilayah Bersih dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemen PAN dan RB RI yang telah memberikan kepercayaan dan menjadi support semangat bagi kami kedepannya,” katanya. (y0n)