Depan > Pemerintahan > Pemkab Canangkan ZI Menuju WBK dan WBBM

Pemkab Canangkan ZI Menuju WBK dan WBBM

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melakukan pencanangan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Senin (27/6/2022) di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo.

Kegiatan ini ditandai dengan penandatanganan piagam pencanangan ZI menuju WBK dan WBBM oleh 4 OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Yakni, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Probolinggo, Kristiana Ruliani Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi, Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Probolinggo Dewi Korina dan Kepala Puskesmas Leces dr. Niswah Nilam Qanitah.

Penandatanganan piagam pencanangan ZI menuju WBK dan WBBM ini disaksikan oleh Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, Inspektur Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Probolinggo Santiyono serta Kabag Organisasi Setda Kabupaten Probolinggo Anna Maria DS.

Pencanangan ini ditandai dengan pembacaan ikrar dan komitmen bersama pembangunan Zona Integritas oleh Sekda Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono dan diikuti oleh seluruh undangan.

Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengatakan Zona Integritas (ZI) sebagai salah satu strategi percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi, membangun dan mengimplementasikan sistem integritas yang mampu menumbuhkembangkan budaya kerja birokrasi anti korupsi dan budaya birokrasi melayani di lingkungan pemerintah daerah yang diwujudkan dengan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Pembangunan Zona Integritas di Kabupaten Probolinggo telah dimulai dan dicanangkan tahun 2019, pada 4 (empat) Perangkat Daerah sampling sebagai unit kerja ZI dan telah mengikuti penilaian mandiri Zona Integritas tahun 2020, dengan hasil Dinas PMPTSP mendapat predikat Zona Integritas WBK dari Kemenpan RB,” katanya.

Menurut Plt Bupati Timbul, pada tahun 2022 telah ditunjuk 3 (tiga) Perangkat Daerah sampling sebagai unit kerja ZI WBK. Yakni, Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Puskesmas Leces serta 1 (satu) perangkat daerah sampling sebagai unit kerja ZI WBBM yaitu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

“Ini merupakan langkah awal mewujudkan miniatur reformasi birokrasi dan salah satu persyaratan Penilaian Mandiri ZI (PMZI) yang diamanatkan oleh Kemenpan RB,” jelasnya.

Plt Bupati Timbul mengharapkan Perangkat Daerah yang ditunjuk sebagai unit sampling berupaya maksimal berkomitmen dan melibatkan semua jajarannya mengimplementasikan 6 (enam) area perubahan ZI.

“Serta segera melakukan konsolidasi, koordinasi, komunikasi intens dan akselerasi perubahan mindset, pembenahan dan mencukupi dokumen pendukung ZI sehingga mampu memperoleh predikat WBK dan WBBM pada evaluasi ZI tahun 2023,” pungkasnya. (wan)