Sunday, September 26, 2021
Depan > Kesehatan > Nikmati Liburan Panjang, Utamakan Kesehatan dan Keselamatan Diri dan Keluarga

Nikmati Liburan Panjang, Utamakan Kesehatan dan Keselamatan Diri dan Keluarga

Reporter : Wahed Efendi
KRAKSAAN – Risiko sakit setelah liburan meningkat, karena kelelahan dan kurang istirahat, interaksi dengan banyak orang sehingga mudah terjadi transmisi virus, kontak dengan benda-benda umum yang mungkin terkontaminasi virus dan karena adanya perubahan iklim dalam beberapa hari ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica. “Monitor gejala sakit saat atau setelah kembali dari bepergian,” katanya.

Oleh karena itulah, Dewi memberikan tips bagi masyarakat yang ingin menikmati liburan panjang di masa pandemi COVID-19. Bila traveling menggunakan kendaraan pribadi dan terpaksa mampir dan turun dari kendaraan maka wajib memakai masker dan cuci tangan setelah menyentuh benda-benda umum, hindari tempat yang ramai dan carilah yang outdoor.

“Bila traveling menggunakan jasa kereta/bis sebaiknya selalu memakai masker, sering-sering pakai hand sanitizer, hindari makan minum (membuka masker) di dalam bus/kereta,” jelasnya.

Bila liburan menggunakan pesawat terbang, pilihlah maskapai yang memberlakukan protokol kesehatan ketat dan mengurangi jumlah penumpang.
Hati-hati saat menunggu di ruang tunggu, pemakaian toilet dan selalu jaga jarak saat antri masuk/keluar pesawat.

“Bila liburan di rumah kerabat, pakailah masker selama berinteraksi dengan kerabat terutama jika ada lansia di rumah tersebut. Jangan berpelukan/jabat tangan, hindari kontak fisik. Sebisa mungkin jaga jarak terutama bila ada anggota keluarga yang sakit,” terangnya.

Bila menginap di hotel/villa, cukup aman bila tetap di kamar, pilih kamar di lantai tidak tinggi untuk meminimalkan penggunaa lift, bawa sanitizer dan gunakan masker saat keluar kamar. Bila ke kolam renang atau pantai, pilihlah jam-jam yang tidak ramai, hindari penggunaan bersama benda-benda yang dipakai umum (sewa ban, mainan, snorkel, alat makan).

“Penularan COVID-19 antar manusia yang bertemu dengan orag lain/kerabat yang tidak serumah tetap berisiko. Berlibur kemanapun tetap akan berisiko, apalagi saat musin hujan akan sulit mencari tempat outdoor. Jika tidak ingin ribet dan tetap aman ya di rumah saja. Utamakan kesehatan dan keselamatan diri dan keluarga,” pungkasnya. (hed)