Tuesday, May 21, 2024
Depan > Pemerintahan > DPUPR dan Penyedia Gelar Audiensi Rencana Program Kegiatan E-Katalog

DPUPR dan Penyedia Gelar Audiensi Rencana Program Kegiatan E-Katalog

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAN – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataaan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolinggo dan penyedia lokal melakukan audiensi terkait dengan rencana program kegiatan E-Katalog yang ada di Kabupaten Probolinggo, khususnya DPUPR dan persiapan untuk E-Katalog untuk OPD yang lain.

Kegiatan yang diikuti oleh beberapa penyedia lokal Kabupaten Probolinggo ini dihadiri oleh Kepala DPUPR Kabupaten Probolinggo Hengki Cahjo Saputra didampingi Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Roby Siswanto serta Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kabupaten Probolinggo Endang Muji Rahayu.

Kepala DPUPR Kabupaten Probolinggo Hengki Cahjo Saputra mengatakan audiensi ini memberikan gambaran dan penjelasan kepada penyedia lokal terkait dengan pentingnya E-Katalog. Hal ini penting karena E-Katalog itu memprioritaskan penyedia lokal.

“Jadi kalau berkaca dengan E-Procurement tahun 2022 dengan E-Katalog, kenaikan kita hampir 23,7%. Jadi hampir 67,3% itu yang melakukan pekerjaan di Dinas PUPR dengan E-Katalog itu lokal Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Hengki menerangkan tentunya juga perlu persiapan bersama dari penyedia yang ada di Kabupaten Probolinggo melalui asosiasi masing-masing untuk menyiapkan anggotanya. “Dengan harapan kegiatan E-Katalog 2024 di DPUPR itu bisa dilakukan mayoritas ataupun kalau bisa semuanya dilakukan oleh penyedia lokal yang ada di Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Menurut Hengki, yang harus diperbaiki oleh penyedia bukan hanya siap secara legal formal SBU, Akte, SKT dan SKA saja. Tentunya juga diperlukan sarana prasarana dan kemampuan dari sumber daya manusianya. Sarana prasarananya tentunya juga mempunyai alat komputer, notebook dan jaringan WiFi.

“Karena E-Katalog ini memakai jaringan internet dan ada skill terkait dengan IT-nya yang memasukkan nilai-nilai di katalognya serta skill terkait teknisnya. “Harapannya bahwa harga yang ditawarkan itu harga yang wajar, bukan harga yang terendah dan juga tertinggi. Tapi harga wajar yang memang dirasa oleh PPKom itu menjadi pekerjaan itu bisa dikerjakan dengan penyedia secara maksimal dengan kualitas yang maksimal,” terangnya.

Hengki mengharapkan dengan pekerjaan E-Katalog 2024 itu bisa berjalan cepat waktu dan secara kualitas dan kuantitas juga sesuai dengan regulasi atau ketentuan yang diterapkan. “Dengan penyedia kami berharap sepenuhnya tahun 2023 ini mayoritas juga penyedia lokal dan di tahun 2024 ini lebih meningkat penyedia lokal dengan yang tahun kemarin,” pungkasnya. (wan)