Sunday, May 19, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Monitoring PMK, Diperta-Pusvetma Lakukan Pengambilan Sampel Darah Sapi

Monitoring PMK, Diperta-Pusvetma Lakukan Pengambilan Sampel Darah Sapi

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dalam rangka monitoring Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Probolinggo, Dinas Pertanian (Diperta) Kabupaten Probolinggo bersama dengan Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) RI melakukan pengambilan sampel darah sapi di sejumlah Rumah Potong Hewan (RPH) dan pasar hewan di Kabupaten Probolinggo.

Pengambilan sampel darah sapi yang dilakukan pada Rabu hingga Jum’at (7-9/12/2022) ini melibatkan tim dari Pusvetma dan Medik Veteriner Muda Diperta Kabupaten Probolinggo drh Machrus didampingi petugas teknis kecamatan dan Rumah Potong Hewan (RPH). Serta dikawal petugas dari Polsek dan Koramil setempat.

Kepala Diperta Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner drh Nikolas Nuryulianto mengatakan pengambilan sampel darah sapi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana virus PMK ada di ternak dan titer antibodi di tubuh ternak.

“Untuk kegiatan ini, sapi yang diambil sampel darahnya itu sebanyak 83 ekor. Kemudian diambil serumnya untuk dibawa ke Surabaya. Selain itu juga dilakukan swab saliva pada 50 ekor sapi. Pengambilan sampel serum sapi dan swab saliva ini dilakukan di RPH dan pasar hewan,” katanya.

Niko mengharapkan masyarakat mendukung kegiatan surveilance di lapangan. “Masyarakat tidak merasa takut bila ternaknya d ambil swab dan darahnya. Karena itu untuk kepentingan penelitian titer antibodi yang ada di tubuh ternak terhadap virus PMK,” pungkasnya. (wan)