Wednesday, June 19, 2024
Depan > Informasi Layak Anak > DP3AP2KB Gelar Orientasi Poster Pintar Stunting

DP3AP2KB Gelar Orientasi Poster Pintar Stunting

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Probolinggo menggelar orientasi poster pintar stunting bagi bidan Tim Pendamping Keluarga (TPK), Kamis (8/12/2022).

Kegiatan yang digelar di ruang pertemuan Bentar Kompleks Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Probolinggo ini dibuka oleh Kepala DP3AP2KB Kabupaten Probolinggo dr Anang Budi Yoelijanto dan diikuti oleh 40 orang bidan TPK di Kabupaten Probolinggo.

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Probolinggo dr Anang Budi Yoelijanto mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan ketrampilan bidan TPK dalam menggunakan poster penting untuk KIE pencegahan stunting.

“Tujuannya meningkatkan pengetahuan bidan TPK tentang 6 (enam) pesan kunci dalam stunting serta meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bidan TPK dalam pengemasan pesan stunting melalui poster pintar stunting kepada keluarga beresiko stunting,” katanya.

Anang menjelaskan salah satu prioritas kegiatan yang termuat dalam Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Stunting (RAN PASTI) adalah pelaksanaan pendampingan keluarga beresiko stunting, pendampingan semua calon pengantin/calon pasangan usia subur (PUS) dan surveilans keluarga beresiko stunting oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK) terdiri dari unsur bidan/tenaga kesehatan lainnya, TP PKK dan Kader KB dengan diperkuat oleh Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di setiap tingkatannya serta Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penurunan Stunting.

“Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar yang ditetapkan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang kesehatan,” jelasnya.

Menurut Anang, salah satu tugas utama TPK adalah memberikan pendampingan dan melakukan penyuluhan pada keluarga beresiko stunting dan masyarakat mengenai stunting. Dalam membantu tugas kader TPK dalam melakukan hal tersebut diperlukan media yang memudahkan masyarakat memahami informasi terkait stunting antara lain mengenai definisi stunting, penyebab stunting, dampak stunting dan sebagainya.

“Media tersebut dibuat dalam bentuk poster yang diberi nama Poster Pintar Stunting (Poster Penting). Poster penting digunakan oleh kader TPK sebagai media dalam edukasi pesan kunci stunting (Apa stunting, dampak dan 6 cara bagaimana pencegahan stunting,” pungkasnya. (wan)