Depan > Pemerintahan > Monev Tingkat Kehadiran, Inspektorat Sosialisasikan Core Value ASN BerAKHLAK

Monev Tingkat Kehadiran, Inspektorat Sosialisasikan Core Value ASN BerAKHLAK

Reporter : Mujiono
TONGAS – Dalam kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) hari pertama masuk kerja pasca libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, Inpektorat Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasikan Core Value ASN Ber-AKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif), Senin (9/5/2022).

Kegiatan ini dilakukan di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo dan Kantor Kecamatan Tongas. Sosialisasi ini dipimpin langsung oleh Inspektur Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo.

“Penerapan Core Value ASN Ber-AKHLAK nantinya sebagai fondasi baru bagi ASN demi terwujudnya satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN. Kata-kata BerAKHLAK itu sendiri merupakan akronim dari berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif,” kata Inspektur Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo.

Menurut Tutug, Core Value ASN ini menjadi titik tonggak penguatan budaya kerja yang tidak hanya dilakukan pada ASN tingkat pusat tetapi juga daerah. Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 20 Tahun 2021 Tanggal 26 Agustus 2021 Tentang Implementasi Core Value dan Employer Branding ASN.

“Tujuannya untuk menguatkan budaya kerja, sebagai salah satu strategi transformasi pengelolaan ASN menuju pemerintahan kelas dunia (world class government) serta melaksanakan ketentuan tentang nilai dasar, kode etik dan kode perilaku ASN,” jelasnya.

“Core Value ASN Ber-AKHLAK Bangga Melayani Bangsa (Employer Branding) tidak hanya menjadi jargon saja, akan tetapi menjadi nilai karakter ASN yang memiliki perilaku yang baik kepada masyarakat,” tambahnya. (y0n)