Depan > Pendidikan > Matsama, MIN 2 Probolinggo Buka Kampus Baru

Matsama, MIN 2 Probolinggo Buka Kampus Baru

Reporter : Syamsul Akbar
MARON – Seiring dengan masuknya tahun pelajaran baru 2022/2023, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Probolinggo memberikan pengenalan lingkungan pendidikan baru melalui kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama), Senin (18/7/2022).

Kegiatan Matsama di MIN 2 Probolinggo ini diikuti oleh 102 siswa baru dengan dipandu oleh panitia Matsama. Mereka dibagi dalam tiga kelompok meliputi Kelompok Abu Bakar As Siddiq, Ustman Bin Affan dan Umar Bin Khattab.

Kegiatan Matsama tahun pelajaran 2022/2023 dibuka oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo Moh. Barzan. Pembukaan ini ditandai dengan pelepasan 10 balon warna warni yang melambangkan keanekaragaman karakter siswa baru yang siap maju, berprestasi dan unggul di bidangnya masing-masing bersama MIN 2 Probolinggo.

Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo Moh. Barzan mengucapkan selamat bagi siswa siswi baru yang sudah diterima di MIN 2 Probolinggo. Tentunya semua siswa harus semangat dalam menuntut ilmu hingga sukses menggapai cita-citanya.

“Harapan saya dengan bertambahnya siswa siswi MIN 2 Probolinggo dari tahun ke tahun terutama tahun ini yang sangat signifikan agar semakin bertambah majunya pembelajaran dan prestasi di MIN 2 Probolinggo,” ungkapnya.

Sementara Kepala MIN 2 Probolinggo Sumiati mengatakan Matsama merupakan serangkaian kegiatan pengenalan lingkungan madrasah kepada siswa baru. Pengenalan itu meliputi kegiatan rutin madrasah, fasilitas, nilai dan norma yang berlaku, sistem pembelajaran, karakter, budaya serta pengenalan civitas madrasah,” katanya.

Usai pembukaan Matsama, dilanjutkan dengan pembukaan dua kelas di Kampus 2 (kampus baru) MIN 2 Probolinggo yang terletak di TPQ Allawiyah di Desa Brani Kulon Kecamatan Maron. Penempatan ini dilakukan berdasarkan MoU (Memorandum of Understanding) antara Ketua Komiet MIN 2 Probolinggo H. Hamid dengan MIN 2 Probolinggo.

“Kampus 2 ini adalah madrasah alam yang nantinya akan digunakan siswa secara bergilir dalam kegiatan pembelajaran berbasis alam/lingkungan hidup sesuai salah satu brending MIN 2 Probolinggo,” jelasnya.

Pembukaan kampus baru ini ditandai dengan pemotongan pita dan pelepasan 2 burung merpati. “Merpati ini menggambarkan bahwa MIN 2 Probolinggo siap terbang mengepakkan sayapnya menjawab tantangan zaman. Belajar bukan hanya di madrasah tapi dapat dilakukan dimana saja sesuai dengan prinsip maju berprestasi menggapai cita-cita dan berinovasi tiada henti,” terangnya.

Menurut Sumiati, dibukanya kampus 2 dikarenakan keterbatasan ruang belajar di MIN 2 Probolinggo. Dengan tambahan siswa baru 102 siswa sehingga totalnya mencapai 356 siswa dengan ruang belajar tersedia hanya 17 ruang.

“Semoga melalui kegiatan hari ini dapat menjadi langkah awal dalam menentukan keberhasilan seluruh proses pembelajaran di madrasah tercinta ini bagi seluruh peseta didik baru di MIN 2 Probolinggo,” harapnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemotongan tumpeng sebagai wujud rasa syukur atas suksesnya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), prestasi dan inovasi yang dilakukan di MIN 2 Probolinggo. (wan)

https://probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2019/01/slotmaxwin/ https://bali.bawaslu.go.id/assets/artikel/slotgacormaxwin/ https://slot.papuabaratprov.go.id slot slot pulsa